Rabu, 01 Juni 2016

TOGEAN ISLAND HOPPING - Finale

Credit: Dinnna Destieka (@Dynaasaur)

PART 3 ini sebetulnya mirip dengan PART 2 sebelumnya, masih membahas tentang keindahan bawah laut kepulauan Togean. Karena gw dan teman2 berada di Togean cukup lama yaitu 5 hari 4 malam. Di Togean sendiri tidak banyak aktifitas yang bisa dilakukan selain Snorkeling dan Diving, karena pulau-pulau di sana tidak memiliki bukit yg cocok untuk Trekking.


Di hari ketiga, gw iseng2 menaiki satu bukit mini di Pulau Bolilanga tempat kami tinggal selama beberapa hari. Gw bangun jam 5 subuh untuk menanti Sunrise dari bukit ini. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya pancaran sinar merah mulai muncul. Namun agak kecewa karena mataharinya tertutup awan besar, alhasil gw tidak mendapatkan foto Sunrise.


Kondisi di pagi hari cukup tenang dan sangat adem, apalagi kalau kita duduk ditepian pantai sambil bersantai mendengarkan suara ombak kecil. Ada 1 bapak yang sangat rajin menyapu pasir dari kotoran daun dan sampah2 dari sisa air pasang. Maka, kalau tamu baru datang sekitar jam 9-10 pagi, pasirnya akan terlihat sangat putih bersih tanpa sampah sedikitpun.


Setelah sarapan pagi, kita menyempatkan untuk mampir di Pulau Katupat. Pulau yang cukup besar dan dihuni oleh sebagian warga Togean. Kami membeli air minum botolan dan jajanan di Pulau ini. Kami juga sempat membagikan berberapa buku bacaan anak2 yang tersisa dari Pulau Papan (di hari sebelumnya) untuk anak2 di Pulau ini.


Kehidupan sehari2 warga di pulau ini hanyalah berdagang kebutuhan pokok seperti pada foto di bawah ini. Ibu-ibu menjual sayur mayur di jalanan.


Ini dermaga kecil tempat kita bersinggah di Pulau Katupat. Banyak anak2 yang bermain di sini.


Di hari ke 3 ini, kita snorkeling di beberapa spot dan terus terang gw sendiri gak tau nama spot ini apa lol. Kalau kata temen sih, di hari ini kita snorkeling di Reef 5 dan Reef 1. Lebih bagus mana? gw juga sudah lupa. Yang pasti ada beberapa foto hasil snorkeling yang gw ambil dengan kamera gw sendiri.


Selama perjalanan, awan putih tebal terlihat cukup jelas dengan terik matahari yang cukup panas. Setelah snorkeling yang pertama, gw sebetulnya sudah cukup lelah dan bosan. Karena terus terang, sekilas koralnya terlihat sama antara satu tempat dengan tempat lainnya. Jadi terasa sangat jenuh dan inginnya bersantai di kapal saja.


Narsis dulu yak :p


Foto ikan nemo :)


Saatnya makan siang, kita dibawa ke Pulau tak berpenghuni dengan struktur bangunan kuno yang sudah reyot. Konon dulunya pulau ini sempat dihuni namun akhirnya ditinggalkan begitu saja, dan terdapat kisah horor yang sempat gw baca di internet. Tidak heran, pantai di Pulau ini penuh dengan karang yang tumbuh subur. Bahkan kapal kami tidak bisa mendarat sempurna di pantainya karena terhalang karang. Anemo dan ikan nemo kecil pun bisa terlihat dengan jelas dari pantai ini.


Ini penampakan pantainya dengan air yang cukup cetek. Karangnya lumayan indah meskipun berada di dekat pantai.


Kembali lagi snorkeling di spot antah berantah.


Sore harinya kita balik kembali ke Bolilanga Resort buat mandi dan beristirahat. Ini


Tempat favorite kita berdua buat relax di sore atau pagi hari.


Sebetulnya masih ada 2 hari lagi yang belum di cover di review ini karena terlalu banyak foto yang diambil dan semuanya terlihat sama :) Salah satu tempat yang kita kunjungi di hari2 berikutnya yaitu area Reef 1 ini, dimana kita makan siang di atas dermaga. Sekililing Reef 1 ini juga sangat bagus dan koralnya masih terjaga dengan baik. Namun entah mengapa, air laut di lapisan atas (tempat ini) sangat panas, berbeda dengan tempat lainnya. Entah apakah karena mataharinya yang sedang sangat panas atau bagaimana, karena hari-hari sebelumnya tidak terasa sebegini panas.


Sekian perjalanan kita di Kepulauan Togean, pulau dengan keindahan alam yang luar biasa. Pulau dengan alam yang masih natural dan tidak banyak terjamah. Masyarakat lokal yang sangat ramah dan welcome kepada wisatawan, walaupun anak2 kecil suka nyautin gw *Cin#* tapi ya sudahlah mungkin mereka kurang paham :) Bye Togean, until I see you again.

 Photo credit: Saeful Rizal (Poke)

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar