Menu Lists

Kamis, 20 Juni 2019

SYARAT PEMBUATAN VISA UNITED KINGDOM (UK) DI JAKARTA

First of all, this is going to be a quick guide about applying UK Visa in Jakarta. Jadi kita bikin visa dengan perantara Agent agar proses nya lebih mudah, dalam artian ada yang bisa membantu kita untuk mengisi dan submit dokumen ke Duta Besar Inggris. Kalau mau submit sendiri juga bisa sih sebenarnya tidak begitu sulit, hanya saja ada beberapa formulir/dokumen yang perlu diisi dan disiapkan, dan terkadang kita sendiri bingung atau kurang paham. Lokasi submit Visa UK ada di  VFS Global UK, Kuningan City lantai 2.
Sebelum kita mulai, mungkin kalian mau baca EDINBURGH TRAVEL GUIDE atau LONDON TRAVEL GUIDE dulu. Persyaratan Visa UK bisa dibilang adalah salah satu yang paling kompleks selain Visa USA, karena banyak sekali dokumen yang dibutuhkan. Tapi sebagai gambaran, berikut daftar dokumen pendukung yang dibutuhkan:
  1. Paspor dengan masa berlaku min. 8 bln terakhir + Paspor lama
  2. Surat Sponsor dr kantor / dr ke-2 ortu (In English)
  3. Surat Ijin Suami (jika tidak ikut bepergian, serta lampirkan copy KTP Suami)
  4. Pas foto berwarna 3,5cm x 4,5cm = 2 lbr (latar belakang hrs putih & dicetak diatas kertas cetak foto & telinga terlihat, wajah diperbesar 80%)
  5. Surat Referensi Bank yg menunjukkan nama, no rekening, saldo dan sejak kapan mulai transaksi(In English)
  6. Fotocopy Bukti Keuangan min. 3 bln terakhir
  7. Fotocopy KTP
  8. Fotocopy Akte Nikah (+ Translate in English)
  9. Fotocopy Kartu Keluarga (+ Translate in English)
  10. Fotocopy Akte Lahir Anak (+ Translate in English)
  11. Kartu Pelajar / Surat Keterangan Sekolah (in English)
  12. Print Out Tiket
  13. Bookingan Hotel
  14. Surat Undangan dari Perusahaan di UK (Untuk Business Trip)
  15. Fotocopy SIUP (jika ada) (+ Translate in English)
  16. Isi Form UK Kecil
Basically, daftar di atas itu kita dapat langsung dari agent kita, jadi tidak ada yang diubah. Tapi kita akan bikin keterangan lebih detail mengenai beberapa dokumen di atas. Oh iya ada beberapa dokumen di atas yang HARUS kalian translate ke bahasa Inggris, kebetulan Agent kita yang translate gitu. Jadi kita taunya beres aja :) 
1. Rumornya kalau kalian pernah membuat beberapa jenis visa yang negaranya kuat seperti US, Schengen (Eropa), Jepang, Australia, dll, kesempatan kalian untuk mendapatkan visa UK lebih besar. 
2. Surat sponsor dari perusahaan tempat kalian kerja untuk menjamin kalau kalian tuh di Jakarta/Indonesia ada pekerjaan tetap. Biasanya untuk menghindari orang mencari kerja di luar negeri. 
3. Kalau Pas Foto biasa kita langsung serahkan ke tukang foto, mereka biasa sudah ahlinya deh gak usah di guide lagi mau background warna apa. Yang pasti pakaian harus ada kerahnya, polo shirt boleh. Biasa biaya foto itu 60-80ribu sudah termasuk 1 CD file foto + 3-6 lembar foto. 
4. Surat referensi bank sangat penting! Tinggal datang ke Bank dan minta saja, nanti mereka akan mengeluarkan 1 lembar dokumen yang menyatakan bahwa kalian benar memiliki account banking di Bank tersebut. Biasanya Bank Reference itu gak langsung keluar di hari yang sama, soalnya mereka butuh Cap atasannya. Jadi spare waktu 2-3 hari sampai dokumen nya keluar dari Bank ya. Kemudian kalau kalian berpergian 1 keluarga seperti kita (suami, istri, bayi), cukup melampirkan 1 referensi bank saja untuk bertiga, jadi tidak perlu dibuat 1 orang 1. Atau bisa tanyakan lebih detail ke pihak Bank ya, mereka lebih ngerti. 
5. Nah bukti keuangan ini menjadi salah satu dari 3 jajaran dokumen terpenting guys. Soalnya ini buat menjamin kalau kalian tuh sanggup untuk membiayai trip kalian di UK. Saran kita sih minimal memiliki tabungan minimum 50 juta Rupiah yang sudah standby selama 3 bulan terakhir. Jadi jangan tiba2 ada uang masuk 50 juta ketika mau apply Visa ya supaya tidak dicurigai minjem uang. Cara mendapatkan bukti keuangan tabungan, cukup masuk ke internet banking, click menu Account Statement dan download keuangan kalian di 3 bulan terakhir. Kalau opsi yang ada bukan tanggal per tanggal melaikan bulan per bulan, berarti print dokumen keuangan 3 bulan sebelum bulan kalian apply Visa nya.  Kalau ada Deposito atau bukti keuangan lainnya mungkin bisa disertakan juga ya. Tapi kalau prinsip kita pribadi sih kalau bisa 3 bulan sebelum kalian bikin Visa, uangnya dibiarkan di tabungan saja. Setelah itu kalau mau dialihkan ke Deposito atau investment lainnya silakan. 
6. Kalau kalian memiliki bayi/anak yang tidak memiliki KTP, kalian disarankan membawa akte lahir yang asli ya. Just in case kalau diminta perlihatkan. 
7. Nah semua tiket pesawat/transportasi pendukung dari Jakarta ke London dan sebaliknya WAJIB ada. Kalau kalian pulang ke Jakarta dari negara Eropa lainnya, kalian wajib memiliki tiket transportasi dari London menuju negara Eropa tersebut, kemudian tiket pesawat dari negara Eropa tsb menuju Jakarta. Pada intinya sih pergerakan kalian harus jelas, terutama untuk pulang ke Jakarta nya. Kecuali kalian berada di UK dan berpindah dari satu kota ke kota lain, transportasi lokalnya tidak perlu disertakan ya (kecuali memang ada). 

8. Bookingan hotel juga wajib ada, tapi bisa disiasati sih. Ada beberapa website booking hotel yang memperbolehkan kita untuk memesan kamar dan tidak memerlukan pembayaran dimuka. Jadi bisa dibatalkan beberapa hari sebelum hari H, sesuai aturan dari website tersebut. Dengan cara ini, kalian belum melakukan pembayaran Hotel kalian hingga Visa kalian diterima. 

9. Fotokopi SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) bagi kalian yang disponsori oleh perusahaan keluarga atau perusahaan tersebut adalah milik kalian. Dalam case kita, kita dan seluruh keluarga yang ikut trip ini di sponsori oleh 1 perusahaan milik keluarga besar kami. Namun harus jelas jabatan atau kaitan kalian dengan perusahaan tersebut sebagai apa. SIUP ini harus di cap resmi oleh perusahaan ya. 

10. Untuk lebih detail mengenai bagaimana mengisi formulir Visa UK dengan benar, kalian bisa langsung membacanya di

https://www.vfsglobal.co.uk/id/en/how-to-apply 

Biaya resmi applikasi Visa UK sekitar 1.9 - 2 juta. Namun karena kami dibantu oleh Agent, kami dikenakan biaya 2.4 juta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya jemput dokumen, biaya pengisian berbagai formulir di website VFS Global, dan biaya pengantaran Passpor yang sudah selesai dikeluarkan pihak Duta Besar Inggris. Proses applikasi Visa UK memakan waktu sekitar 3 minggu. Namun bagi kalian yang membutuhkan Visa dalam waktu kilat, kalian bisa pilih service premium namun dengan harga yang jauh lebih mahal (kurang dari seminggu selesai). 

Prosedur wawancara di kantor VFS Global itu sebenarnya lebih kepada pengecekan dokumen yang kita bawa. Tenang, staff yang mewawancarai kita adalah orang Indonesia juga, jadi tidak akan ada kendala dalam bahasa. Dan sebenarnya tidak ada wawancara mengenai kegiatan detail kami selama di UK. Basically, mereka tidak banyak bertanya dan lebih fokus pada pengecekan dokumen kami apakah ada yang kurang atau salah. Tidak butuh waktu terlalu lama untuk wawancara ini, mungkin karena orang yg bepergian ke UK tidak sebanyak orang-orang yang bepergian ke negara2 Eropa lainnya.
Visa UK dan Visa Schengen untuk Uni Eropa tidak sama ya guys. Tapi Visa UK yang kami request itu untuk 6 bulan dan multiple visit. Jadi bisa keluar masuk UK selama 6 bulan. Semoga blog ini membantu ya. Boleh bagikan ke teman-teman kalian yang ingin bepergian ke UK. 
Anyway kalian bisa nonton Vlog UK Trip kita di Youtube Channel kita ya atau KLIK LINK NYA DI SINIHappy holiday :)

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com

2 komentar:

  1. Hi, boleh tau kmrn pake agent nama nya apa? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kita tidak pakai perusahaan atau agency tertentu. Ini agent nya kerja sendirian, jadi dia tidak kerja di mana2.

      Hapus