Menu Lists

Kamis, 20 Februari 2020

SYARAT PEMBUATAN VISA SCHENGEN EROPA DI JAKARTA

Jujur ya suprised banget Blog kita tentang syarat pembuatan visa UK menjadi Blog paling populer selama beberapa bulan terakhir! Bahkan masih menduduki peringkat pertama hingga saat ini (KLIK DI SINI) kalau mau baca blog nya. Nah kali ini kita mau sharing tentang Syarat pembuatan Visa Schengen untuk negara Uni Eropa baik itu Eropa Barat maupun Eropa Timur, namun lebih tepatnya melalui negara Austria.
Nah Kita sendiri sudah apply Visa Schengen 3 kali, pertama tahun 2014, kedua 2019, dan terakhir 2020 ini. Perlu diperhatikan bahwa pembuatan Visa Schengen melalui negara2 tertentu mungkin akan berbeda dengan melalui negara Austria, misalnya melalui Perancis. Tahun 2019 kita apply Visa Schengen Perancis di Kedutaan Perancis di Lingkar Mega Kuningan, sedangkan tahun 2020 ini kita apply Visa Schengen Austria di VFS Global, Kuningan City Mall lantai 1. Hampir semua Visa Schengen didaftarkan di lokasi ini. 
Anyway, berikut daftar dokumen pendukung yang dibutuhkan:
  1. Paspor baru + Paspor lama
  2. Surat Sponsor dr kantor
  3. Pas foto berwarna 3,5cm x 4,5cm = 2 lbr (latar belakang hrs putih & dicetak diatas kertas cetak foto & telinga terlihat, wajah diperbesar 80%)
  4. Surat Referensi Bank yg menunjukkan nama, no rekening, saldo dan sejak kapan mulai transaksi (+ Translate in English)
  5. Fotocopy Bukti Keuangan min. 3 bln terakhir
  6. Fotocopy KTP
  7. Fotocopy Akte Nikah (+ Translate in English)
  8. Fotocopy Kartu Keluarga (+ Translate in English)
  9. Fotocopy Akte Lahir Anak (+ Translate in English)
  10. Kartu Pelajar / Surat Keterangan Sekolah (+ Translate in English)
  11. Print Out Tiket
  12. Bookingan Hotel
Basically, daftar di atas itu kita dapat langsung dari agent kita, jadi tidak ada yang diubah. Tapi kita akan bikin keterangan lebih detail mengenai beberapa dokumen di atas. Oh iya ada beberapa dokumen di atas yang HARUS kalian translate ke bahasa Inggris, kebetulan Agent kita yang translate gitu. Jadi kita taunya beres aja :) 
1. Rumornya kalau kalian pernah membuat beberapa jenis visa yang negaranya kuat seperti US, Schengen (Eropa), Jepang, Australia, New Zealand, dll, kesempatan kalian untuk mendapatkan visa Schengen lebih gampang. Dari pengalaman kita apply Visa Schengen Perancis di 2019, kita hanya mendapatkan durasi selama 10 bulan untuk multiple visit. Nah semoga Visa Schengen 2020 ini kita bisa mendapatkan durasi yang lebih lama (per tanggal 20 February 2020 kita masih menunggu hasil Visa kita)
2. Surat sponsor dari perusahaan tempat kalian kerja untuk menjamin kalau kalian tuh di Jakarta/Indonesia ada pekerjaan tetap. Biasanya untuk menghindari orang mencari kerja di luar negeri. 
3. Kalau Pas Foto biasa kita langsung serahkan ke tukang foto, mereka biasa sudah ahlinya deh gak usah di guide lagi mau background warna apa. Yang pasti pakaian harus ada kerahnya, polo shirt boleh. Biasa biaya foto itu 60-80ribu sudah termasuk 1 CD file foto + 3-6 lembar foto. Tapi saran kita kalau kalian punya kamera mirrorless, kalian bisa foto sendiri dengan background tembok putih. Kalian bisa edit sedikit kalau fotonya agak redup, kemudian tinggal kasih file fotonya ke tukang print foto deh. Selembarnya hanya 3.000 loh, jauh lebih hemat.
4. Surat referensi bank sangat penting! Tinggal datang ke Bank (dengan jumlah tabungan/keuangan yang paling besar) dan minta saja, nanti mereka akan mengeluarkan 1 lembar dokumen yang menyatakan bahwa kalian benar memiliki account banking di Bank tersebut. Biasanya Bank Reference itu gak langsung keluar di hari yang sama, soalnya mereka butuh Cap/ tanda tangan supervisornya. Jadi spare waktu 2-3 hari sampai dokumennya keluar dari Bank ya. Kemudian kalau kalian berpergian 1 keluarga seperti kita (suami, istri, bayi), cukup melampirkan 1 referensi bank saja untuk bertiga, jadi tidak perlu dibuat 1 orang 1. Atau bisa tanyakan lebih detail ke pihak Bank ya, mereka lebih ngerti. 
5. Nah bukti keuangan ini menjadi salah satu dari 3 jajaran dokumen terpenting guys. Soalnya ini buat menjamin kalau kalian tuh sanggup untuk membiayai trip kalian di Eropa. Saran kita sih minimal memiliki tabungan minimum 50 juta Rupiah yang sudah standby selama 3 bulan terakhir. Jadi jangan tiba2 ada uang masuk 50 juta ketika mau apply Visa ya supaya tidak dicurigai minjem uang. Cara mendapatkan bukti keuangan tabungan, kalau kalian memiliki tabungan Bank BCA, cukup masuk ke internet banking, click menu Account Statement dan download keuangan kalian di 3 bulan terakhir. Kalau Bank kalian tidak memiliki fitur ini, silakan kunjungi Teller Bank dan request print langsung ke mereka. Kalau ada Deposito atau bukti keuangan lainnya mungkin bisa disertakan juga ya. Tapi kalau prinsip kita pribadi sih kalau bisa 3 bulan sebelum kalian bikin Visa, uangnya dibiarkan di tabungan saja. Setelah itu kalau mau dialihkan ke Deposito atau investment lainnya silakan. 
6. Kalau kalian memiliki bayi/anak yang tidak memiliki KTP, kalian disarankan membawa akte lahir yang asli ya. Just in case kalau diminta perlihatkan. 
7. Nah semua tiket pesawat/transportasi pendukung dari Jakarta ke Eropa dan sebaliknya WAJIB ada. Kalau kalian pulang ke Jakarta dari negara Eropa lainnya, kalian sebisa mungkin menyertakan juga tiket/ bukti transportasi kalian dari negara A ke negara B ya.
8. Bookingan hotel juga wajib ada, tapi bisa disiasati sih. Ada beberapa website booking hotel yang memperbolehkan kita untuk memesan kamar dan tidak memerlukan pembayaran dimuka. Jadi bisa dibatalkan beberapa hari sebelum hari H, sesuai aturan dari website tersebut. Dengan cara ini, kalian belum melakukan pembayaran Hotel kalian hingga Visa kalian diterima. 
9. Untuk lebih detail mengenai bagaimana mengisi formulir Visa Schengen dengan benar, kalian bisa langsung membacanya di:


Biaya resmi applikasi Visa Schengen sekitar 1.2 untuk dewasa. Namun karena kita dibantu oleh Agent, kita membayar biaya 1.7 juta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya jemput dokumen di rumah kita, biaya pengisian berbagai formulir di website VFS Global, biaya menemani kita selama masa interview di VFS dan biaya pengantaran Passpor yang sudah selesai dikeluarkan pihak kedutaan Austria. Proses permohonan Visa Austria memakan waktu sekitar 7 - 14 hari kerja. Namun bagi kalian yang membutuhkan Visa dalam waktu kilat, kalian bisa pilih service premium namun dengan harga yang jauh lebih mahal (kurang dari seminggu selesai). 
Prosedur wawancara di kantor VFS Global itu sebenarnya lebih kepada pengecekan dokumen yang kita bawa. Tenang, staff yang mewawancarai kita adalah orang Indonesia juga, jadi tidak akan ada kendala dalam bahasa. Dan sebenarnya tidak ada wawancara mengenai kegiatan detail kalian selama di Eropa. Basically, mereka tidak banyak bertanya dan lebih fokus pada pengecekan dokumen kalian apakah ada yang kurang atau salah. Tidak butuh waktu terlalu lama untuk wawancara ini (Kurang dari 5 menit). Oh iya jadwal interview ini bisa kalian pilih melalui website ya dan setiap kelipatan 10 menit ada quota yang bisa kalian pilih. Kita sendiri memilih jam 08:50 pagi karena jadwal siang sudah habis.
Visa Schengen dan Visa UK tidak sama ya guys. Semoga blog ini bisa membantu ya. Boleh bagikan ke teman-teman kalian yang ingin bepergian ke Eropa. Anyway kalian bisa juga nonton trip UK & Pernacis kita di Youtube Channel kita ya (KLIK DI SINI). Thank you guys for reading :)

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com
Check out our IG Story for our daily activities

Tidak ada komentar:

Posting Komentar