Rabu, 10 Juli 2019

EDINBURGH & STIRLING TRAVEL GUIDE ~ UK TRIP 2019

Finally bisa ngerjain Edinburgh Travel Guide setelah satu bulan pulang dari UK. Well, di travel guide ini kita akan membahas secara garis besar tentang "How, When, Where, Which and What" nya kota Edinburgh dan Sekitarnya based on our experience. Total trip Edinburgh ini adalah 5 hari 4 malam, waktu yang cukup untuk mengelilingi kota Edinburgh, kecuali kalau kalian tertarik buat road trip ke Loch Ness, Inverness, Isle of Skye dan lokasi luar kota lainnya. Keseluruhan trip kita dari Jakarta menuju Edinburgh memakan waktu sekitar 26 jam dengan total 3 penerbangan, karena kita harus transit di Bangkok dan harus membeli tiket pesawat terpisah menuju Edinburgh. Langsung aja kita bahas tentang Edinburgh trip ya.
Anyway, sebelum kita lanjut ke perjalanan kita mungkin kalian belum nonton Youtube Vlog kita di Edinburgh yang kita bagi menjadi beberapa vlog. Kita mulai dari perjalanan awal hingga tiba di Edinburg ya. Cekidot!

PENERBANGAN & TRANSPORTASI
Sebelum kita memulai, alangkah baiknya kalau kalian tau cara membaca Edinburgh yang benar yaitu "Edinbrah". Jangan tanya kenapa, karena ketika kita tiba di London, petugas bandara menyebutnya seperti itu. 
Dari Jakarta kita ambil penerbangan Thai Airways menuju London, transit di Bangkok selama 3 jam. Dari Bangkok ke London sendiri memakan waktu sekitar 12 jam. Harga tiketnya bervariasi ya tergantung dari kapan kalian perginya dan apakah sedang promo. Kebetulan kita pergi ketika lebaran Juni 2019, jadi harganya mungkin sedikit lebih mahal. Price range tiketnya antara 9.5 - 11 jutaan (soalnya kita dua orang beli tiketnya beda harga gitu) 
Nah dari London ke Edinburgh kita menggunakan British Airways, pesawatnya lumayan kecil ya. Jadi ketika tiba di Heathrow Airport di London, kalian langsung transfer menuju terminal 5 via kereta bawah tanah nya (gratis). Terminal 5 ini adalah terminal domestiknya, ada banyak sekali restoran dan toko-toko menarik termasuk toko pernak pernik Harry Porter dan produk branded International. Perlu diketahui bahwa ketika masuk ke Terminal 5 ini pemeriksaan barang bawaan super ketat ya. Jadi barang bawaan yang biasanya di Jakarta tidak diperiksa, di sana sangat ketat pemeriksaannya seperti susu ASI untuk bayi kita. Hati-hati membawa botol produk di atas 100 ml, pasti disuruh buang.
Oh iya kenapa alasannya kita gak istirahat di London dulu, baru menyusul  besok atau beberapa hari kemudian ke Edinburgh? Soalnya nanti dari London kita akan menuju Paris. Jadi daripada kita habisin biaya transportasi dari dan ke airportnya dua kali, mendingan kita ke Londonnya sekali aja pas terakhir perjalanan di UK. Sedangkan biaya transportasi di sana super mahal. Dan lagi akan sangat merepotkan sekali membereskan koper dan membawanya menggunakan transportasi umum/taksi. Jadi sekalian udah cape dari Jakarta kita bablas langsung 26 jam sampai ke Edinburgh.  
Pasti sehari setelah sampai di Edinburgh kalian bakal jetlag deh, bisa bangun jam 3 atau 4 subuh terus udah seger. Soalnya jam di sana 6 jam lebih lambat dari Jakarta. Terus jam 4an subuh juga udah mulai terang, jadi kita berasa kaya udah pagi.
Setibanya di airport Edinburgh, kita menggunakan taksi menuju hotel kita di sekitar Old Town. Nanti kalian akan tiba di jalanan seperti gambar di atas, tepat area St Giles Cathedral. Biaya taksi kami GBP 32 / IDR 592.000 (kurs 18.500), namun ukurannya cukup luas dapat menampung hingga 4 orang termasuk beberapa bagasi. Kita tidak menggunakan train karena barang bawaan kita cukup banyak dan kita pergi dengan orang tua dan bayi. Kalau di dalam kota atau di area Old Town kita cukup jalan kaki saja kemana-mana atau naik taksi jarak pendek karena kereta nya setau kita tidak melayani daerah old town. Tapi sebagai gambaran, untuk jarak pendek sekitar 2-3 km, biaya taksinya sekitar GBP 5 - 6.
PENGINAPAN 
Nah ini part yang paling menyenangkan. Kita tinggal di St Giles Apartment yang lokasinya ada tepat di tengah-tengah daerah Old Town nya dan berada percis di seberang St Giles Cathedral. Mengingat daerah sini adalah kota tua, maka apartment kita tidak memiliki lift. Jadi koper harus digotong manual sampai ke lantai 2, kalau kalian dapetnya lantai lebih atas lagi Congratulation! Tangganya curam dan sempit jadi lumayan makan tenaga.
Kita book apartement yang 3 kamar lengkap dengan dapur, ruang tengah dan ada mesin cucinya. Kalian bisa search di website booking hotel manapun ya: St Giles Apartment. Jadi segala kebutuhan lengkap di sini. Oh iya air kran boleh diminum ya dan ini berlaku juga di London. Jadi lumayan banget menghemat biaya air, soalnya air botolan kalau di supermarket sekitar GBP 1 / 18ribuan untuk 1 botol 500-600 ml. Sedangkan kalau di mini mart atau resto harganya bisa GBP 2 - 3 tergantung merek airnya. Supermarket besar sangat jarang terlihat di sekitar daerah wisata Old Town, jadi persiapkan botol minum kalian dan isi air sebelum keluar.
Nah kalau kalian mau cari hotel yang deket sama stasiun kereta, kita sempat liat ada yang nama nya Motel One. Jadi hotelnya ada langsung tepat di depan stasiun gitu. Kalau kalian dari bandara naik kereta ke Old Town, kalian bisa langsung sampe deh ke hotelnya.  Dari Motel One ke Apartement kita deket banget sih, tapi paling harus jalan kaki menanjak dikit. Sama view nya gak sebagus view kita yang bangunan kuno ya.
Kamar kita view nya super bagus soalnya langsung ke arah St Giles Cathedralnya. Sayangnya kita lupa masuk ke dalam Cathedralnya saking deketnya kali ya, sampe lupa yang terdekat. Di sekitar apartment banyak banget resto, cafe, fast food, dan toko-toko suvenir.
Bagusnya tinggal di sini tuh kalian bisa bangun pagi-pagi dan berfoto sepuasnya soalnya pagi sampai jam 7 belum ada orang di jalanan. Contohnya seperti foto di bawah ini, kita bisa berdiri di tengah jalan tanpa ada kendaraan.
CUACA
Bulan May Juni itu sebenarnya memasuki musim panas/ summer ya. Tapi selama kita di sana (akhir May sampai awal Juni) udaranya cukup dingin di kisaran 9 - 17 derajat deh. Bisa dibilang kaya winter lah, kecuali siang adem2 ya bisa lepas jaket. Tapi kalau pagi dan malem dingin banget, sudah pasti butuh jaket. 
Kalau kalian beruntung seperti kita, kalian bisa merasakan pagi hari dengan kabut super tebal. Kota nya terlihat amazing banget seperti di film fiksi. Jadi jarak pandangnya pendek karena berkabut, ini foto yang kita ambil dari jendela kamar kita. Keren banget ya :)
SARAPAN & RESTORAN
Di sini tuh toko buat ngopi atau sarapan yang paling banyak namanya PRET A MANGER. Bisa dibilang jaringan cafe terbesar di UK gitu soalnya kaya jarak berapa meter aja bisa ada toko yang sama. Isinya sih sandwich berbagai isian gitu sih sama kopi-kopian ala coffee shop gitu deh. Kalau kalian suka makanan vegetarian atau salad gitu, nah di sini ada banyak jenis sandwich atau wrap yang isinya daun-daun seger. Harganya juga murah banget sih untuk ukuran sana, sekitar GBP 3 - 6. Kopi juga murah banget loh rata2 harga kopi di Edinburgh itu sekitar GBP 2.2 - 3, tergantung dari tipe kopinya apa. Tapi harganya kurang lebih mirip sih kaya di Jakarta, apalagi kurs GBP kan lagi murah banget tuh jadi makin terjangkau harganya.
Kalau harga makanan di sana bisa dibilang mahal banget sih, kaya rata-rata antara GBP 9 - 15 atau di atas IDR 170.000 lah. Kadang kalau beruntung bisa ketemu yang di bawah GBP 9, tapi gak banyak soalnya di sana variasi restorannya gak banyak. Turis Asia juga sedikit banget, jadi restoran Asia juga gak banyak. Ada 1 restoran Thailand deket Apartement namanya Thai Orchid, itu harganya lebih mahal dari makanan lokal. Kaya 1 porsi menu gitu GBP 12 - 15, belum termasuk nasi GBP 2.5-3. Air minum bisa request tap water alias air kran, itu gratis sih di semua resto. Karena air botolan di resto bisa GBP 2.5-3 (35ribu - 45ribu)
Oh iya kalau kalian butuh buah-buahan bisa beli di M&S ya (Marks and Spenser), mereka ada mini market nya yang jual berbagai jus dan buah segar. Biasa kita pasti beli jusnya buat nutrisi tubuh aja soalnya kurang makan buah. Sebotol jus sekitar GBP 2-3 masih oke lah. 
SIM CARD & VISA
Nah buat yang butuh data internet, di sini option nya cukup banyak ya. Kita tidak research dulu sebelum dateng, jadi kita beli nya Sim Card random di mini mart gitu. Operatornya "Giff Gaff" beli sim card nya GBP 1, kemudian top up GBP 20 untuk 20 GB data. Sudah temasuk free call dan sms. Bahkan Giff Gaff ini bisa dipakai hingga ke Paris, termasuk internet datanya. Secara overall, sinyalnya cukup baik dari Scotland hingga London. Alternative operator lain ada Vodafone dan Tri.
Kita punya tips nih, kalau kalian apply visa UK di Jakarta, kalian juga bisa loh book Sim Card di sana juga. Kalau gak salah sih mereka ada pilihan Vodafone gitu, jadi kalian tinggal bayar dalam Rupiah aja sudah termasuk paket data dan telfon. Daripada ribet-ribet cari sim card di sana, mending langsung aja kan dari Jakarta dan harganya juga oke loh. Nih detail buat cara pembuatan Visa CLICK DI SINI. Kita udah jelasin tentang di mana dan bagaimana applynya.
ST GILES CATHEDRAL
Cathedral ini udah pasti gak boleh dilewatkan, ini hukumnya WAJIB kalau sudah dateng ke Edinburgh. Soalnya St Giles Cathedral ini kaya icon nya Old Town Edinburgh, makanya kita beruntung banget bisa tinggal tepat di depan Cathedral langsung. Padahal waktu booking apartment, kita sama sekali gak tau kalau lokasi kita sebagus ini. Nah sayangnya kita gak masuk ke dalem, tapi buat sekedar foto-foto di luar oke banget!
EDINBURGH CASTLE 
Edinburgh Castle ini posisi nya terlihat jelas dari berbagai sudut Old Town soalnya posisi nya di atas bukit. Bahkan bagian belakang castle juga terlihat jelas seperti gambar di bawah ini. Nah castle ini super dekat dengan apartement kita karena posisi nya sederetan dengan apartment kita. Jadi tinggal jalan sepanjang trotoar saja gak sampai 1 KM dan sampe deh di komplek castlenya.
Kalau ini posisi di depan pintu masuk castle nya
Masuk dari posisi depan tadi, kita menuju sini. Nah kalau kalian mau masuk lebih dalam lagi, kalian harus beli tiket seharga GBP 19 atau bisa juga beli online sekitar GBP 17 terus tinggal print di sini. Sayangnya saat itu antrian beli tiketnya super panjang jadi gak memungkinkan buat tunggu terlalu lama. Terus untuk yang online juga kita harus tentuin jadwal masuknya, jadi gak bisa langsung beli dan masuk gitu aja. Akhirnya kita batal gak jadi masuk, tapi ada sedikit foto di area depan castle nya.
Nah sampai di posisi ini, kita sudah harus menyerahkan tiket. Kalau kalian gak masuk ke situ, kalian juga bisa masuk ke official merchandise story nya. Tapi harga barangnya SUPER MAHAL kaya gak wajar lah harganya. Jadi kalau mau beli suvenir sih saran kita beli di luar aja yang di sepanjang apartement.
Di sekitar Edinburgh Castle ada Cathedral lain yang kita tidak sempat perhatikan. Tapi ini posisi nya ada jelas di tengah jalan menuju Castle. Bisa bayangin kan segitu bagusnya kota Edinburgh ini sampe setiap berapa meter ada bangunan kuno yang sebagus itu.
Kalau ini Patung Thomas Guthrie di Prince street dan masih ada di sekitar Royal Mile. Posisinya ada tepat di belakang Edinburgh Castle. Sekitar Prince Street ini banyak toko-toko fashion dan branded (tapi brandednya bukan yang super high class ya). Kalian juga bisa nyantai2 di taman yang ada di belakang patung ini.
Ini taman yang kita maksud, jadi tamannya penuh dengan pohon lebat. Kalian bisa sekedar bersantai duduk di taman sambil menikmati udara yang adem dan suara burung. Masuk ke taman ini gratis ya :) Untuk menuju ke sini bisa coba cari Prince Street ya, dia ada di sederetan Trem di Royal Mile.
Nah di sekitar Prince Street (masih sederetan jalanan dengan taman di atas) ada beberapa statue atau monumen kuno yang bisa buat kalian kunjungi. Mayoritas ada di pinggir jalan.
STASIUN KERETA
Stasiun kereta di sini namanya Waverley Edinburgh station yang melayani perjalanan dalam kota dan luar kota. Dalam trip kita di Edinburgh, kita menggunakan kereta 2 kali: Kota Stirling dan Kota London. Stirling itu kota terdekat dari Edinburgh dan masih masuk wilayah Skotlandia. Jarak tempuh nya kurang dari 2 jam. Kota Stirling ini bisa jadi alternative trip ke luar kota kalau kalian gak road trip ke daerah yang jauh2. Nanti kita share tentang Stirling setelah ini.
Kalau ke London juga bisa dari stasiun ini. Kita pakai kereta LNER (London North Eastern Railway) ke London dengan biaya adult GBP 113.3 dan child GBP 56.6. Cukup mahal memang tapi mengingat perjalanan nya sangat jauh, anggap saja naik pesawat tapi bisa duduk di kursi First Class termasuk makan dan minum yang diantarkan ke meja kalian sesering mungkin. Iya, kita pesan yang first class jadi kursi nya sudah direserve, terus ada meja buat makan. Perjalanan sekitar 4.5 jam ya, bisa sambil menikmati pemandangan Skotlandia hingga masuk ke England (menuju London).
DEAN VILLAGE
Salah satu alternative tempat wisata gratis di area Royal Mile. Dean Village ini kalau tidak salah masuk dalam UNESCO World Heritage Site karena bangunanan nya dibangun dari abad 19. Tempat wisata ini tidak besar, namun memperlihatkan sungai yang indah dengan berbagai bangunan tempat tinggal berdesign kuno yang masih dihuni sampai sekarang. Jarak dari apartment kami ke Dean Village ini kurang lebih hanya 2.5 KM. Bisa ditempuh dengan jalan kaki saja karena masih masuk area dalam kota.

National Museum of Scotland
Another alternative untuk wisata gratis adalah National Museum of Scotland. Lokasinya kurang dari 1 KM dari apartment kami. Kami tidak sengaja melewati Museum ini ketika dalam perjalan pulang dari Dean Village menuju Apartment kami. Design Museum nya sangat keren dan banyak sekali peninggalan bersejarah di Skotlandia yang dipajang di sini. Termasuk mobil dan pesawat terbang kuno yang mungkin ada kaitannya dengan sejarah Skotlandia. Di lantai paling bawah terdapat 1 cafe dan 1 toko suvenir. Yang pasti design interiornya cocok buat OOTD yang Instagrammable.

Nah ini bagian bawahnya yang ada cafe dan suvenir shop
VICTORIA STREET
Jalan Victoria Street ini dikenal dengan cafe dan pub nya yang terlihat Lokal banget. Biasanya anak muda di sini suka nongkrong sambil ngebeer di sekitar cafe/pub. Bahkan banyak cafe yang menyediakan meja di sepanjang trotoar untuk sekedar menikmati udara luar yang adem. Kebetulan foto di bawah ini di ambil jam 7an malem tapi masih terang ya, soalnya bulan Juni gitu terangnya sampai jam 9:40an malem. Dan pas tiba di sini batere kamera kita habis, jadi semua diambil dengan iPhone XR ya :)
STIRLING CASTLE
Kalau kalian gak ada rencana buat sewa mobil keluar kota, kita rekomendasiin buat day trip ke kota Striling. Jaraknya cuman sekitar 30 Km dari Edinburgh dan bisa ditempuh pakai kereta dari stasiun Weverly. Perjalanan gak sampai 2 jam dan keretanya ada fasilitas meja buat minum dan makan. Jadi kalian bisa beli makanan dari luar dan makan di kereta, enak kan?
Dari Stasiun utama di Stirling, kalian tinggal  jalan kaki sekitar 20-30 menit saja menuju ke atas bukit. Atau kalian bisa tanyakan langsung ke mall yang ada di seberang stasiun Stirling. Jadi itu satu-satunya Mall yang kita datengin selama trip di Skotlandia soalnya di Edinburgh kita gak nemu mall sama sekali. Selama menanjak ke atas bukit, view nya BAGUS BANGET. Kalian bisa sambil berhenti di pinggir jalan buat foto-foto pemandangan, soalnya castle nya itu tinggi banget posisi nya.
Kota Stirling ini kota tua yang semua bangunannya masih dijaga keasliannya. Yang terkenal di sini tentu Stirling Castlenya, salah satu istana yang paling berpengaruh di Skotlandia pada jamannya. Tapi seluruh kotanya juga cantik banget dengan bangunan kunonya. Option untuk restoran tidak banyak ya, hanya ada di sekitar stasiun kereta dan mall saja. Jadi kalau sudah mulai naik ke bukit sudah tidak ada restoran.
Nah ini salah satu view dari perjalanan kita menuju Stirling Castlenya. Cantik banget kan!
Untuk masuk ke castle ini dikenakan biaya GBP 16/ IDR 296.000 untuk orang dewasa. Biasanya kalau kalian pesen melalui online ada diskon bbrp GBP lagi, tapi coba kalian googling ya untuk pastinya. Castle nya ini ada 2 bangunan utama seperti yang terlihat di foto di bawah ini. Namun karena waktu itu kita lumayan terburu-buru, jadi kita tidak explore seluruh area gedungnya. Di dalem gedung itu ada kaya museum barang-barang kuno peninggalan jaman perang dulu, termasuk kamar yang dulunya ditinggali ratu dan raja yang pernah berkuasa di Skotlandia.
Nah foto di bawah ini tempat pembelian tiket masuknya sama ada toko suvenir juga. Kalau kalian bawa mobil juga bisa parkir di luar castle, banyak parkirannya (ada biaya parkir). 
Di dalem area castle ini ada sebuah taman super luas yang bisa kalian gunakan buat bersantai, foto-foto, bahkan untuk tempat bermain anak-anak.
Nah ini view dari atas castlenya, BAGUS BANGET!
Ini salah satu ruangan yang dulunya di pakai ratu sebagai tempat tidur atau tempat menyambut tam, mereka sebutnya Queen's Chamber. Kita tidak dengerin guide nya ngomong jadi gak gitu tau sejarahnya. 
Di paling akhir ada taman luas di belakang castle nya dengan view seluruh kota seperti ini. Ini gak boleh kalian skip wajib foto! Kurang lebih beginilah rangkaian trip 5 hari 4 malam kita di Edinburgh dan Striling. Kota Edinburgh memang tidak begitu besar ya, karena kota terbesarnya adalah Glasglow tapi kita gak kunjungi. Kalau kalian ada pertanyaan lainnya bisa langsung comment di bawah ini ya. Thank you for reading and bisa sharing ke teman-teman yang butuh info ini ya.

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar