Menu Lists

Senin, 22 Juli 2019

LONDON & UK TRAVEL GUIDE 2019

OH HELLO, LONDON! Akhirnya menginjakkan kaki di United Kingdom. Sebelum tiba di London, kita sudah terlebih dahulu liburan di Edinburgh. Kalau kalian belum baca mengenai Edinburgh, WAJIB banget (KLIK SINI) buat baca soalnya menurut kita Edinburgh lebih bagus kotanya. But anyway, London juga kota besar yang indah dan destinasi wisatanya super banyak! Bahkan dari 6 hari 5 malem di London, masih banyak yang kita belum kesampean. Nah di blog kali ini kita mau kasih quick guide tentang kota London dan sekitarnya. Cekidot!

Sebelum kalian baca lebih lengkap, mungkin ada baiknya kalau kalian nonton Youtube Vlog kita di London ya. Saat ini baru ada 2 Vlog mungkin akan kita update blog post nya kalau ada Vlog baru.

EDINBURGH TO LONDON
Jadi trip ke London ini kita mulai dari kota Edinburgh, Skotlandia. Dari kota ini kita naik kereta dengan operator LNER/ London North Eastern Railway yang menempuh perjalanan 4.5 jam. Lumayan jauh sih tapi karena kita pilih bangku yang first class, jadi gak berasa capek sama sekali. Malah menyenangkan sih soalnya dapet makanan dan minuman terus. Bangkunya juga lebar empuk dan ada mejanya. Tiba di London di stasiun King Cross langsung ambil taksi menuju apartement kita di daerah Trafalgar Square. 
TRAFALGAR SQUARE
Nah ini dia Trafalgar Square, salah satu pusat wisata sekaligus pusat pemerintahan di kota London. Kenapa pusat wisata? Karena dari lokasi ini kita tinggal jalan kaki saja ke Big Ben, Westminster Palace, London Eye, Buckingham Palace, dan masih banyak lagi. Dari Trafalgar Square ini juga kita bisa dengan mudah cari makan di daerah Leicester Square dan China Town. Hotel kita posisinya juga ada di seberang gambar ini saja, literally hanya nyeberang aja!
Ini adalah The National Gallery yang ada di tengah2 Trafalgar Square. Jadi ini tuh kaya sebuah gedung kuno 3 lantai dengan koleksian lukisan terlengkap se-London. Banyak banget lukisan antik berukuran raksasa, terutama yang berhubungan dengan jaman Yesus. Posisinya ada pas di seberang apartement kita jadi tinggal jalan kaki. Kita datang ke sini di hari terakhir kita di UK, jadi ini sebagai optional aja ya. Kalau kalian bukan penggemar arts ini mungkin bisa di skip aja ya. Free entrance!
CHINA TOWN & LEICHESTER SQUARE
Buat kalian yang mau cari makanan murah dan enak, China Town udah surganya deh! Tapi kebanyakan non halal ya guys. Dan makanan di sini harganya ada yang dari GBP 6an atau sekitar 110ribuan. Kalau mau makan ala Western bisa ke Leichester Square soalnya cuman sebelahan aja. Dan di sini ada M&M's World jadi segala sesuatu tentang coklat ada di sini. Terus katanya wajib cobain Burger & Lobster, terkenal banget di London (tapi kita gak coba) dan ada Shack & Shake juga!
THE NATIONAL GALLERY 
Ini seperti dijelaskan sebelumnya, ada di Trafalgar Square atau seberang apartement kita. Dalemnya semua full lukisan doang ya tidak ada patung atau barang antik lainnya. Masuknya pun gratis ya, tapi ada cafe buat sekedar ngopi ngemil dan ada souvenir shop juga. Kalau kalian penggemar Van Gough, kalian bisa beli suvenir yang terinspirasi dari beliau. Museumnya buka jam 10 pagi, siap2 antri masuk kalau weekend ya :)
PENGINAPAN
Penginapan di London itu sangat mahal, malah bisa dibilang salah satu yang termahal yang pernah kita kunjungi. Kalian wajib banget booking kamar dari super jauh-jauh hari, soalnya kita bener2 experience liat harga kamar yang awalnya 3 juta jadi 5-6 juta pas udah deket waktunya. Dan banyak kamar yang cepet habis apalagi pas libur lebaran. Nah kita tinggalnya di Trafalgar Square apartment yang kita booking di Airbnb. Kalau orang bilang Airbnb itu murah, salah besar. Apartement yang kita tempati ini permalam nya 13 jutaan untuk 3 unit kamar dengan dapur dan mesin cuci. Tapi WC nya hanya 2 ya dan harus sharing. Rata2 apartement gitu WC nya 1 di dalam kamar dan 1 sharing. Tapi yang apartement kita ini dua2nya sharing.
Kalau kalian bisa cari yang deket banget sama China Town lebih enak lagi, soalnya itu surganya makanan. Banyak makanan murah di sana, murahnya sekitar GBP 6.5 - 8 gitu deh atau sekitar 120-150ribu. Iyaa ini udah terhitung murah, tapi kalau mau setengah harga bisa makan sandwich yang ada di coffee shop gitu kaya Pret A Manger. Kalau dari apartement kita ke China Town sekitar 5-7 menit aja.
LONDON EYE
Dari Apartement kita di Trafalgar Square cukup jalan kaki sekitar 10-15 menit aja untuk menuju Sungai Thames yang terkenal. Dari Sungai Thames ini kita bisa menuju London Eye alias bianglala London yang sangat terkenal. Kalau mau naik ke atas antriannya lumayan panjang ya.
PALACE OF WESTMINSTER
Nah dari Sungai Thames ini kalian juga bisa ke Palace of Westminster (Big Ben ada di sebelahnya). Sayangnya Big Ben lagi under construction dan katanya bakal memakan waktu hingga 2021. Jadi kalau kalian akan pergi ke London dalam waktu dekat, sayang sekali kalian tidak bisa lihat Big Ben. Palace nya juga sebagian under construction, jadi kita gak mendekat ke sana.
RIVER CRUISE
Nah alternative untuk jalan2 di London bisa dengan menaiki cruise di sungai Thames yang sangat terkenal. Jadi kalau kalian sudah punya London Pass, kalian bisa pakai untuk tiket masuknya ya. Kalau kalian beli 2 Day London Pass, kalian bisa naik cruise return trip. Kalau hanya 1 Day London Pass, kalian hanya bisa naik sekali jalan aja.
Kita naik cruisenya yang ada tepat di seberang London Eye (kurang tau nama dermaganya). Nah dari sana kita menyusuri sungai Thames melewati bawah Tower Bridge, jembatan di London yang terkenal karena dapat terbelah ketika ada kapal besar lewat. Kita berhenti di dermaga Greenwich untuk sekedar jalan-jalan saja. Greenwich ini kaya sebuah kota kecil aja yang bisa kalian nikmati hanya beberapa jam.
GREENWICH
Kalau tau gak sih asal usul perhitungan waktu GMT +7 atau jam Jakarta/Bangkok? Nah GMT itu Greenwich Mean Time yang asalnya dari sini. Jangan tanya kita apa artinya karena kita juga tidak begitu paham. Yang pasti foto di bawah ini tuh kaya komplek Old Royal Naval Collage, sebuah Unesco Heritage Site dengan bangunan kuno nya. Di  komplek ini ada satu gedung yang dalemnya ada satu hall namanya 'Painted Hall', itu tempat shooting banyak film holywood bertema kerajaan kuno gitu. Kita gak masuk sih soalnya mesti bayar hehe.
Dari tempat tadi, kalian bisa jalan kaki 15-20 menit menuju Greenwich market. Jadi ini kaya sebuah area kecil dimana para pengrajin lokal dan kuliner berkumpul jadi satu. Kalian bisa membeli makan di sini untuk makan siang atau sekedar ngemil2 aja. Tapi sebelum dateng mungkin cek dulu apakah mereka buka atau tidak.
Kalau udah selesai di Greenwich, kalian bisa balik lagi ke dermaga untuk kembali menaiki cruise menuju dermaga awal. Perlu diingat, return trip ini khusus bagi yang memegang 2 Day London Pass ya. Kalau kalian hanya ada 1 Day London Pass, kalian wajib membeli tiket pulangnya. Harga tiketnya kurang lebih GBP 13-15 tidak ingat percisnya.
HOP ON HOP OFF
Jadi waktu di Jakarta kita udah beli London Pass 2 Days gitu. 1 orangnya kena 1.6 jutaan belinya di Klook. Menurut kita ini worth it banget kalau kalian tipe traveller yang mau masuk ke berbagai atraksi, museum, transportasi umum dll. Soalnya biaya masuk ke tempat2 wisata itu mahal loh.
Nah ini kita mulai dulu dari Hop On Hop Off alias naik bus wisatanya London. WAJIB KALIAN CATET: Kalau kalian beli 2 day pass, terus kalian activate Hop On Hop Off nya di day 1, kalian udah gak boleh naik bus nya lagi di day 2. Ini kekeliruan yang terjadi dengan kita. Sialnya waktu itu ada demontrasi kedatangan Trump di Trafalgar Square, tempat di mana bus itu seharusnya pick up penumpang. Jadi busnya berpindah rute dan gak melewati rute yang ingin kita ambil. Kita udah terlanjur activate london pass nya tapi kita batal naik bus nya karena mikir masih ada besok (day 2). Ternyata esok hari nya waktu kita di dalam bus, kita di priksa dan di tegur gara2 London Pass untuk Hop On Hop Off cuman boleh satu hari, Akhirnya kita disuruh turun deh padahal kita belum selesai keliling. Jadi waktu masuk bus tuh kita gak di cek, tapi petugas bisa saja masuk bus anytime dan mengecek karcis.
Untuk activate London Pass nya, cukup cari petugas BIG BUS (operator Bus Hop On Hop Off) di pinggir jalan, nanti dia scan bar code yang kita beli dari Jakarta dan otomatis langsung aktif. Hop On Hop Off ada banyak operator nya ya, jadi kalian harus perhatiin operator apa yang kalian pesen di Jakarta. 
Ini waktu kita di atas Tower Bridge, salah satu icon kota London yang wajib kalian kunjungi. Kalian bisa melihat Tower Bridge ini dengan bus atau dengan river cruise
View pencakar langit termasuk gedung icon London yang kaya peluru bisa dilihat dari Bus.
BUCKINGHAM PALACE
Kalau naik Bus Hop On Hop Off, kalian bisa turun ke Buckingham Palace. Padahal lokasinya deket banget sama Apartement kita loh, tapi kita gak sadar aja sampe kita naik bus ini. Sialnya lagi Buckingham Palace lagi ditutup untuk umum jadi kita gak bisa mendekat langsung ke prajurit penjaganya. Hanya bisa berfoto di depan pagar besinya. Sedih banget gak sih udah Big Ben renovasi, Buckingham juga ditutup (katanya sih sampai September baru buka untuk umum)
Monumen ini posisi nya ada di seberang Buckingham Palace, jadi kalau mau foto dengan background Palace nya kalian bisa naik ke sini.
ST PAUL CATHEDRAL
St Paul Cathedral ini WAJIB banget kalian kunjungi soalnya interiornya parah AMAZING banget. Bisa dibilang ini Cathedral termewah yang pernah kita lihat selain yang ada di Vatican ya. Terus uniknya lagi, di sini kalian bisa naik sampe ke kubah nya loh. Ada 500an anak tangga melingkar yang harus kalian lalui, capek banget tapi sekali sampe di atas sih super worth it banget. Masuk ke sini bayar GBP 20 ya, tapi kalau sudah ada London Pass ini sudah include. See, worth it kan pake London Pass.
Ini salah satu shot yang gw ambil ketika naik bus Hop On Hop Off, gedung St Paul Cathedral nya seperti ini lengkap dengan dome nya. Nanti kita akan naik ke atas sampe ke dome dan kasih liat view dari atas seperti apa.
Nah ini nih view di atas St Paul Cathedral, bagus banget sih. Kalian bisa liat pemandangan kota London dari atas. Jadi gak perlu naik London Eye lagi, cukup naik ke sini aja udah bagus. Sungai Thames juga keliatan kok.
COVENT GARDEN
Ini salah satu lokasi yang WAJIB juga kalian masukin ke itinerary kalian. Basically, ini kaya local market gitu yang isi nya butik, resto, cafe and even big brands kaya Burberry, Mulberry, dll. Tempatnya lumayan luas dan banyak spot instagrammable bertema taman kaya foto-foto di bawah ini. Oh iya di deket sini juga ada Nandos yang menurut kita interiornya super keren banget (bahkan terkeren yang pernah kita liat). Tapi itu fastfood ya, kalian bisa find out sendiri apa itu Nandos.
Icon telefon umum seperti ini bisa kalian temuin di seluruh UK ya, gak usah takut gak dapet foto ginian hehe.
Nah di bulan May-Juni kemarin udaranya lumayan dingin walaupun seharusnya udah masuk summer. Malem wajib pakai jaket ya guys soalnya udaranya belasan derajat. Malem2 kalian bisa jalan2 di sekitar sungai Thames sambil menikmati lampu-lampu indah yang menghiasi London Eye dan gedung2 di sekitarnya.
ONE DAY TOUR: BATH, WINDSOR, STONEHENGE
Nih alternative buat yang mau main ke luar London ada paket 1 day tour yang udah kita booking dari Jakarta pakai app Klook (bukan endorsement ya). Jadi dari jam 8 pagi itu kita sudah harus ketemu di Victoria Station (terminal bus) buat naik bus bersama2 dengan peserta tour lainnya. Tour Guide nya orang lokal dengan bahasa inggris ya.
Tujuan pertama kita adalah Windsor Castle yang ditempuh selama 1.5 jam. Ini tuh sebenarnya tempat Ratu Elisabeth yang berkuasa saat ini menghabiskan akhir pekannya. Nah dibagian mananya beliau beristirahat itu kita tidak tau percis ya, tapi istananya di buka untuk umum. Istana ini sudah dipakai dari generasi pemimpin yang sebelumnya semenjak dibangun di abad ke 11, jadi banyak sekali ruangan2 yang menyimpan sejarah jaman dahulu. Kalian juga bisa nonton pertunjukan "changing guards" setiap jam tertentu.
Masuk ke sini ada biayanya ya guys, tapi karena kita sudah pakai tour jadi kita dapet quick access tanpa perlu antri lagi. Yang perlu diingat adalah kalian bakal diperiksa selayaknya masuk ke bandara dengan metal detector. Mungkin ini menyangkut keamanan Ratu dan sekitarnya ya.  
Tujuan kedua kita adalah Roman Bath. Jadi sesuai namanya, Roman Bath itu ada di kota Bath yang dapat ditempuh selama 2 jam. Jadi ini kota yang sangat kental dengan arsitek Romawi nya soalnya dulu daerah ini dikuasai oleh raja Romawi (kalau tidak salah). Salah satu bangunan iconic di sini namanya Roman Bath, sebuah gedung tempat pemandian raja Romawi saat itu. Kotanya sendiri tidak besar ya, tapi cantik banget dengan bangunan2 kuno nya.
Di dalem Roman Bath ini kalian bisa liat kolam renang aslinya lengkap dengan aliran airnya. Batu-batu lantai nya juga lengkap loh, intinya seluruh bagian ruangan dan material2nya dipertahankan tapi di kasih pembatas supaya tidak bisa disentuh. Bahkan segala perkakas yang jaman dulu dipake masih tersimpan di dalem seperti museum. Di pintu keluarnya kalian bisa beli suvenirnya, kita sih beli cangkir dan magnet soalnya kemungkinan besar gak mungkin balik ke sini lagi kalau next time ke UK.
Kalau pemandangan di sekitar Roman Bath nya seperti ini ya. Banyak toko, cafe dan coffee shop juga di sekitar sini. Jadi kalian bisa belanja dan santai2 sambil ngopi. Cuman kalau ikut tour yang jadwalnya padat kaya kita, waktunya sangat terbatas, jadi harus serba cepat.
Tujuan terakhir dari 1 day tour ini adalah Stonehenge, sebuah formasi batu raksasa di kota Salsbury yang misterinya belum terpecahkan hingga saat ini. Mungkin bagi sebagian besar dari kalian belum pernah mendengar misteri Stonehenge ini, tapi buat kita ini adalah seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Karena udah lama banget kita denger tentang salah satu keajaiban dunia masa kuno ini dan gak pernah nyangka bahwa suatu saat kita akan melihat langsung. Jujur sih kalau udah liat langsung gak ada perasaan WOW yang gimana banget. Tapi lebih kaya kebanggaan aja pernah dateng ke sini.
So far London menurut kita bagus, percampuran antara historical dan modern. Landmark yang bisa kalian kunjungi super banyak, bahkan dari yang kita review di blog post ini hanya sekian persen doang dari yang London miliki. Tapi kalau kalian trip nya dari Edinburgh, pasti kalian akan bilang London biasa aja. Soalnya Edinburgh udah terlalu bagus kebangetan hehe. Dan buat yang belum baca Edinburgh Travel Guide, KLIK SINI ya guys. Soalnya di Blog Post itu kita jelasin lebih detail tentang transportasi, mobile data/Sim Card, Cuaca, dll. Next Blog Post setelah ini adalah PARIS. Jadi stay tuned ya dan jangan lupa share article ini ke social media kalian. Thank you for reading!

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar