Senin, 11 April 2016

SOTO KUDUS SENAYAN - Senayan




[RESTAURANT REVIEW] Well, this is actually our first ever Indonesian Restaurant full review, so we'll review in Bahasa. Terus terang ini pertama kalinya buat gw (Jeffri) nyobain Soto Kudus Senayan, soalnya kalau weekend biasa gw nyarinya any kinds of Western / Italian / Fusion Japanese, etc (read: Selain Indonesian / Chinese food). Bukan karena tidak suka loh, tapi karena mungkin weekdays kita sudah makan Indonesian or Chinese food, jadi pengennya sesuatu yg lain. Nah, Soto Kudus Senayan ini sebetulnya sudah berdiri belasan tahun di Jakarta.
Dan sebetulnya kita dulu waktu Kuliah di daerah Senayan sering banget lewatin depan Resto ini, cuman mungkin tidak begitu perhatikan. Soalnya lokasinya ada di Jalan besar yang pengendara kendaraannya lumayan kenceng, jadi Wuushh lewat aja :D Posisinya ada di Rukan Permata Senayan, tepat di sebelah rel kereta yang ada di perbatasan Senayan dan Permata Hijau, yang pas di lalui sama Fly Over Permata Hijau ke Senayan yang baru. Gampang deh ketemunya.

Untuk interiornya ini bener2 otentik ala Jawa Tradisional banget dengan orname kayu dan kaca buat display makanannya ala warung tegal. Makanannya pun sangat difokuskan kepada Soto Kudus nya itu sendiri, jadi tidak banyak menu main courses lainnya karena orang dateng ya buat Soto Kudusnya. Tapi untuk anak muda yang mau nongkrong di sini, mereka ada banyak variasi minuman trandisional yang di-mordern-kan untuk mengikuti jaman :) Harga makananya sangat terjangkau cocok buat yang kerja kantoran di sekitar sana atau buat makan keluarga



SOTO KUDUS CAMPUR - IDR 22.000


Nah ini yang menurut gw baru di dunia perkulineran gw, soalnya ini mangkok kecil berisi Soto Kudus tetapi sudah ada nasinya di bawah. Jadi nasi kuah + soto sudah dalam satu mangkok. Makanan bergaya ini sudah umum di Kudus (katanya) dan beberapa restoran soto lainnya di Jakarta, tapi kalo untuk preference sih gw lebih suka nasi dan soto nya terpisah. Jadi gw bisa bener2 rasain kuah sotonya, plus bisa makan nasi terpisah dengan campuran lauk lainnya misal tempe atau tahu.

Tipe kuah Soto Kudus ini kuah bening jernih yang tidak keruh sama sekali, Jadi kuahnya bener2 bersih banget dan di masak dengan godokan ayam untuk menghasilkan kuah kaldu ayam. Isi nya ada tauge, ayam suwir, daun bawang, bawang goreng dan bawang putih goreng. Dan jangan expect kuahnya yang super gurih ya karena ini tidak ada santen dan micinnya mungkin sangat sedikit hehe, which is good if its true :) Porsinya cocok untuk wanita yang makannya sedikit tapi untuk pria bisa makan 2 mangkok ini.


SOTO KUDUS - IDR 30.000


Nah ini versi Soto Kudus yang nasinya terpisah. Jadi benar2 soto saja dan nasinya bisa dipesan terpisah. Sotonya percis seperti yang sebelumnya tadi, tapi isinya sekitar 2x dari yang versi campur nasi tadi. Enaknya kalo pesen nasi yang dipisah itu adalah kita bisa pesen lauk lainnya dan makan dipiring deh.



SATE KERANG - IDR 8.000


Banyak yang suka dengan sate kerang ini walaupun ini sebetulnya pertama kalinya gw makan sate kerang. Rasanya manis2 :)


SATE AMPELA & TELUR PUYUH

Sate Ati / Ampela - IDR 8.000
Sate Telur Puyuh - IDR 8.000



TAHU ISI & BAKWAN JAGUNG

Tahu Isi - IDR 6.000
Bakwan Jagung - IDR 5.000



TEMPE TAHU OTAK

Tahu / Tempe - IDR 5.000
Tahu / Tempe Bacem - IDR 5.000
Otak - IDR 9.000


Ada yang menarik nih dari gambar yang satu ini (di bawah). Gw nyobain tahu kecap yang dipaling kiri dan lumayan enak ya manis2. Kemudian ada satu disebelah kanan bawah yang gw pikir itu Tempe Bacem (tempe goreng tepung), dan gw cobalah ambil satu.

Karena sedang lahap2nya makan Soto yang udah enak, gw sambil makan deh itu "tempe bacem". Rasa awalnya enak kaya gurih empuk banget dan gw bagi ke Istri gw buat cobain. Gw bilang "Nih cobain ya" sambil bagi separoh taro di piring dia. Dia makan habis juga hehe. Terus gw sambil ngunyah gw berpikir ini apa ya, kok empuk banget kaya meleleh di mulut, malah awalnya Istri gw bilang ini telor ceplok Hahaha. Gw masih menebak2 ini kayanya Tahu deh soalnya kok soft banget texturenya. Terus sambil gw rasain dilidah tapi kok ada rasa kaya ampela ya. Sampe akhirnya gw coba lihat isi dalemnya secara teliti dan gw langsung menebak ini kayanya Otak deh Hahaha. Soalnya ada texture2 urat otak gitu. Jackpot!

Ini jadi pertama kalinya gw makan Otak tanpa gw sadari, karena terus terang gw hampir sangat jarang makan jeroan dan bagian tubuh lainnya di luar daging :) Tapi gw yakin banyak yg suka Otak apalagi pas awal2 gw makan tuh berasa kaya Tahu hehehehe.



PECEL SAYUR


Gw suka bingung antara Pecel dan Ketoprak soalnya mirip dengan saus warna coklat, tapi setelah di makan baru terasa beda sausnya. Kalau Ketropak pakai saus kacang dengan warna coklat muda, kalau pecel ini saus gula jawa dengan warna coklat tua. Isinya ada sayur, tauge, tempe, tahu dan sejenis emping gurih. Enak banget!



ES BLEWAH


Es blewah ini seger banget pas lagi panas2nya udara di luar soalnya dingin dan seger dengan buah blewahnya. Bahan dasar minimumannya dengan sirup merah tradisional.


BERBAGAI MINUMAN SEGAR

Kita juga cobain 4 jenis minuman segar lainnya yang lumayan enak dan cocok buat nongkrong2 anak muda nih. Walau minumannya classic tapi tetep gak kalah sama minuman cafe :)

Berurutan dari kiri ke kanan:
1. Es Kelapa Muda dengan Sirup Merah - IDR 23.000
2. Es Kelapa Jeruk - IDR 28.000
3. Es Cincau Capucinno - IDR 20.000
4. Es Green Tea Latte - IDR20.000



CENTIK MANIS & NAGASARI


Ini bisa jadi dessert yang simple dan enak. Ada centik manis (warna pink muda) dan Nagasari dessert sejenis puding dengan pisang di dalamnya.



PISANG GORENG MADU, PARU GORENG, KERUPUK RAMBAK


FREE ES CINCAU CAPUCINNO

Mereka juga ada promosi nih! Jadi cukup follow Instagram mereka @Sotokudussenayan di Instagram. Kemudian foto dan post makanan kamu di sana. Sekalian Tag & Mention @Sotokudussenayan dan 3 orang temen kamu menggunakan hashtag #sotokudussenayan #sotokudus #sotokudusandfriends. Nah rewardnya, kamu bisa dapetin Es Cincau Capucinno senilai IDR 20.000! lumayan dong minum gratis dan seger :)


SOTO KUDUS SENAYAN

Rukan Permata Senayan
Jl. Tentara Pelajar, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

021.57940732

FACEBOOK: Soto Kudus Senayan
TWITTER: sotokudusenayan

INSTAGRAM: @SOTOKUDUSSENAYAN

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar