Rabu, 21 November 2018

MANTRA Indonesia ~ Perpaduan Masakan Manado dan Minang

Beberapa hari lalu ketika main ke Street Galery Pondok Indah Mall, kita nemuin satu restoran Indonesia yang baru banget buka. Namanya adalah MANTRA Indonesia, restoran perpaduan khas Manado - Minang (Padang) dan masakan nusantara lainnya. Paling tidak itu yang kami ketahui mengenai restoan Mantra ini. Tidak seperti masakan Indonesia pada umumnya yang kita sering temui di Jakarta, Mantra ini lebih menekankan pada menu-menu seafood yang fresh dengan rempah yang kuat seperti udang goreng bakar, steam kakap, srimping (scallop) goreng, dll. Nah untuk lebih detailnya, yuk baca review lengkap kita mengenai Mantra Indonesia.
Mantra Indonesia ini posisi nya ada di lantai 2 Street Gallery Pondok Indah Mall, tepat di seberang Starbucks Coffee atau dekat dengan jembatan yang menyambungkan Street Gallery dengan Pondok Indah Mall.
Kita sendiri datang di hari Sabtu malam tepat ketika jam makan malam, jadi tidak heran kalau kondisi restoran terlihat cukup ramai dan sedikit hectic. Kebetulan foto-foto yang kalian lihat ini diambil ketika beberapa tamu telah selesai dan keluar sehingga ruangan terasa lebih lega.
Ketika tiba kita sedang kehausan, jadi kita langsung memesan Es Kopi Gayo Ice Cube. Jadi kopi gayo nya ini sudah dibekukan menjadi es balok kotak-kotak dan penyajiannya yaitu menuangkan susu segar langsung di atas es beku tersebut. Es Kopi Gayo ini berbeda dari es kopi susu pada umumnya, karena kedua elemen susu dan kopi tidak mengandung gula/pemanis tambahan. Dan susu nya sendiri cukup creamy seperti susu full cream, sedangkan kopi gayo nya tidak pahit (ketika sudah menyatu dengan susu). Perpaduan yang dihasilkan adalah kopi susu dengan sedikit manis alami dari susu nya.
Ini dia menu-menu yang kita pesan, semuanya adalah menu rekomendasi dari pihak restorannya langsung. Yang menjadi pusat perhatian tentunya yang ada di tengah yaitu Steam Kakap.
Steam Kakap Kuah Asam Bening atau orang Manado menyebutnya dengan Ikan Kuah Asang. Sekilas menu ini mengingatkan kita pada steam ikan kuah tom yum ala Thailand, karena menu tersebut sangat bergantung pada rempah dan bumbu yang kuat dengan citarasa asam. Bedanya Steam Kakap yang satu ini memiliki citarasa asam dan wangi sereh yang kuat. Kalau dilihat langsung banyak rempah dan bahan yang digunakan pada kuah asam ini seperti jeruk lemon, batang sereh, cabe rawit, daun jeruk dan tomat. Daging ikannya juga sangat lembut dan empuk, walaupun harus berhati2 karena masih banyak tulangnya. Satu porsi ini bisa dishare untuk 2-3 orang ya guys.
Menu kedua adalah Udang Bakar Madu Saus Rica. Udang bakar dengan citarasa manis dari kecap dengan sedikit sentuhan saus rica, walaupun tingkat kepedasannya menurut kita masih kurang pedas.  Mungkin apabila ditambahkan saus rica nya juga pada penyajian akan lebih sempurna. Ukuran udangnya sendiri cukup besar walaupun belum seukuran uang macan ya :)
Salah satu menu nasi yang kita cobain yaitu Nasi Kuning Bakar Seafood Pepes. Jadi nasi kuningnya ada rasa asin dan gurih, di dalamnya ada udang kupas, cumi, dan daun singkong yang semuanya dimasak dengan pepes dalam daun singkong. Penyajian nya dengan telor asin (setengah) untuk memberikan rasa tambahan asin pada nasi kuningnya. Menurut kita nasi nya bisa lebih gurih dan lembab karena ketika dimakan masih terasa butiran nasinya. Tapi telor asinnya membuat keseluruhannya menjadi lebih sedap.
Sate Ayam Kacang Minahasa ~ satenya sangat tebal, empuk dan juicy yang disajikan dengan saus kacang pedas yang terpisah. Saus kacangnya mengingatkan pada saus siomay ala Jakarta yang gurih.
Nah ini pertama kalinya kita mencoba menu Srimping Goreng Serbuk Emas. Srimping ini istilah kerennya adalah Scallop dengan ukuran yang tidak begitu besar, disajikan dengan serbuk emas dalam artian bawang putih goreng yang sangat berlimpah. Srimpingnya sendiri tidak memiliki rasa yang dominan karena penambah rasanya ada pada bawang gorengnya, sedangkan tekstur shrimpingnya tidak begitu kenyal menyerupai tekstur bakso ikan.
Untuk makanan 'ringan' kalian bisa cobain menu Siomai Si Jangkung. Siomay nya ini mungkin mirip seperti Batagor ala Bandung soalnya isinya gak hanya siomay saja, tapi ada juga batagor atau sejenis pangsit goreng isi siomay, ada daun kol rebus, kentang dan telor. Saus kacang nya juga enak, manisnya pas dan ada kecap manisnya. Porsi nya sendiri gak kecil loh, jadi bisa banget buat sharing 2 orang apabila kalian memesan menu lainnya juga.

Menu minuman yang bisa kalian coba yaitu Es Melon Selasih dan Jus Alpukat. Es Selasih ini mempunyai base flavor nya yaitu sirup melon dengan soda, biji selasih dan potongan buah melon fresh. Rasanya seperti meminum soft drink rasa melon yang seger soalnya ada soda nya.
Sebagai penutup wajib cobain Es Brenebon Durian. Mirip seperti Es Kacang Merah/ Es Teler pada umumnya, Es Brenebon ini memiliki rasa durian yang cukup pekat. Jadi kalau kalian penggemar durian, kalian pasti sangat suka dengan dessert yang satu ini. Selain ada kacang merah, di dalam nya juga terdapat alpukat, coco jelly dan es krim vanilla. Seger banget!
Sekian pengalaman kita bersantap di restoran Indonesia ala Manado dan Padang. Pengalaman yang unik soalnya jarang sekali ada perpaduan rasa dari dua daerah yang terpaut jauh posisi nya, Manado di Sulawesi dan Padang di Sumatera. Beberapa makanan yang kita coba cukup unik dan tidak ditemukan di tempat lain di Jakarta (atau mungkin kita tidak pernah coba). Thank you guys for reading, if you like it please share it on your social media. Thank you!

MANTRA INDONESIA

Street Galery, Pondok Indah Mall Lantai 2, Jakarta Selatan

Opening Hours: 10:00 - 22:00

Average Spending for two: IDR 250.000

INSTAGRAM: @MANTRA_INDONESIA

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com



Mantra Indonesia Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Tidak ada komentar:

Posting Komentar