Jumat, 04 Agustus 2017

KEDAI PAWON SAE by Bogana Milka

Rasanya sudah lama sekali tidak makan comfort food aka traditional Indonesian food seperti ini. Terus terang memang kita saking lebih seringnya mengejar kafe2 hits baru sampai lupa dengan makanan tradisional kita sendiri ya. Tapi ada rasa kangen tersendiri ketika melihat makanan Indonesia yang sederhana namun sangat lezat seperti yang satu ini Kedai Pawon Sae by Bogana Milka. Ya Bogana Milka ini sudah ada di industri makanan tradisional selama kurang lebih 20 tahunan. Bisnis nya ini dimulai oleh pendiri nya Ibu Milka dengan resep utamanya Nasi Bogana. Saat ini beliau banyak menciptakan kreasi makanan lainnya yang dapat ditemui di restoran dengan label Kedai Pawon Sae. Kemudian apa sih yang ditawarkan di Kedai ini? Yuk baca selengkapnya.
Kita berkunjung ke salah satu lokasi nya yang berada di Jalan Haji Nawi di Jakarta Selatan, tidak jauh dari Mall Pondok Indah. Rupanya saat ini mereka sudah memiliki 4 cabang restoran dimana 3 adalah Kedai Pawon Sae dan 1 adalah Kedai Pawon Sae Express. Awalnya sempat bingung apa bedanya Bogana Milka dan Kedai Pawon Sae, ternyata untuk outlet dine in mereka beri nama Kedai Pawon Sae, sedangkan Bogana Milka adalah outlet khusus untuk Central Kitchen dan Catering Business nya saja. 
Ini bagian outdoornya terdapat 2 meja dengan 3-4 kursi.

Yang unik dari business Bogana Milka ini adalah hampir 90% makanan yang disajikan di restoran Kedai Pawon Sae dimasak di Central Kitchen nya yaitu di Outlet Bogana Milka Tanjung Duren, Jakarta Barat. Nah dari Central Kitchen inilah nantinya makanan didistribusikan merata ke 4 outlet restoran Kedai Pawon Sae. Hal ini dilakukan agar dapat menjaga konsistensi rasa masakan di semua outlet. 
Dan tidak tanggung2 lokasinya semua sangat strategis loh guys, ada yang di Jalan Haji Nawi, Kelapa Gading, The Energy Building, dan bahkan ada 1 outlet yang lokasi nya di Sampoerna Strategic Sudirman.
Ruangannya cukup luas dan lantai 1 nya dapat menampung hampir 40 customer
Kalau yang ini lantai 2 nya, lebih cocok untuk meeting room sih supaya lebih private ya. Atau kalau ada business lunch juga bisa di sini. Banyak koleksi lukisan antik juga nih, kebetulan owner nya memang suka seni juga :)
Kita mulai masuk ya ke menu makanannya, nah ini ada 6 menu utama yang kita cobain saat ini. Kalo dilihat ya memang semuanya menu nasi2an ya, karena memang inilah menu khas dari Bogana Milka.

Mulai dari Nasi Rendang (45k) - Menu Nasi dengan daging rendang yang telah dicabik sebagian sehingga daging rendangnya tidak utuh seperti rendang pada restoran Padang pada umumnya. Rasanya itu sendiri cenderung manis, texture empuk dan somehow terasa santan nya. Satu porsi ini sudah termasuk dengan kentang mini dan kacang merah bumbu rendang, tempe goreng kering, cabe ijo, acar, kerupuk dan sayur.
Nah ini nih menu utamanya Nasi Ulam (45k) - Nasi yang dimasak dengan rempah, ditambah dengan bihun goreng, daging empal asam manis, dendeng manis, kentang kecap, tahu goreng kremes, telur dadar, bumbu kacang, ketimun dan daun kemangi. Yang bikin juara itu bumbu kacang nya sih guys, somehow semua makanan dipring kalo dicampur itu jadi enak banget. Menu Nasi Ulam ini sendiri punya overall rasa yang manis ya, mengingatkan pada masakan Jawa Tengah yang cenderung manis. Tapi topping2 nya yang sederhana dan merakyat malah bikin kangenin banget.
Ini personally favorite gw Nasi Keraton (50k) - nasi putih dengan ayam goreng yang gurih, ditambah dengan tempe dan tahu bacem, udang goreng kering (mirip ebi), kentang masak kecang manis, sambal terasi, lalapan dan kerupuk. Ini satu lagi makanan merakyat yang mungkin paling mudah ditemukan di rumah makan Indonesia ya. Kalau gw mungkin menyebutnya ini nasi ayam kalasan soalnya ayamnya dibumbu kuning gitu, dagingnya empuk banget terus rasanya asin gurih. Duhhh sedep banget apalagi dicocol sambal terasi. Oh ya ada kerupuk putih juga yang biasa suka dijual di toples :)
Untuk variasi yang sedikit berbeda ada Nasi Bakar Cakalang (32.5k) - Nasi gurih dengan potongan ikan cakalang yang sudah dicabik2, bawang merah, cabe, daun kemangi plus kerupuk dan sambal matah. Ikan nya gak amis sama sekali ya mungkin karena udah dimasak dengan bumbu rempah yang wangi. Ikan nya juga gak kering, jadi enakkkk dimakan pake sambel matah nya :)
Last but not the least, Nasi Sop Buntut Sapi (50k) - sudah ketebak dong ya sesuai judulnya. Ini Sop yang endes banget soalnya daging buntut nya super empuk gitu, terus ada wortel, tomat, kentang dan daun bawang seger yang bikin wangi. Kuah nya juga enak ya gak begitu asin, masih ada sedikit manis dan gurih. Terus terang selama ini makan Sop Buntut somehow keasinan/ terlalu gurih mungkin efek dari banyaknya penyedap rasa. Tapi yang satu ini cukup pas rasanya. Satu porsi nya sudah termasuk nasi putih juga :)

KEDAI PAWON SAE by Bogana Milka

Jl. H. Nawi Raya No.4, RT.1/RW.2, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan

Average Spending for two: IDR 100.000

RSVP: (021) 29124886

www.bogana-milka.com

INSTAGRAM: @BOGANAMILKA

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com
Check out our Insta Story for our daily activities



Kedai Pawon Sae Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Tidak ada komentar:

Posting Komentar