Kamis, 24 Agustus 2017

The Harvest Atilier Making Blueberry Bloom with Mike Lewis

Sebuah kesempatan berharga diundang ke acara The Harvest Cake untuk membuat kue Blueberry Bloom langsung dengan Chef nya. Gambar cake berwarna ungu di atas adalah cake hasil ciptaan gw sendiri selama acara berlangsung. Nah bintang tamu nya adalah Mike Lewis nih guys! Jadi Mike juga ikutan membuat cake Blueberry Bloom tersebut, sekaligus sebagai juri juga karena di akhir acara dia yang memilih cake kreasi siapa sih yang paling bagus versi dia. Ternyata bikin cake gampang gampang susah sih guys. Soalnya proses nya lumayan panjang dari membuat bahan dasar nya (cake base dan blueberry creamnya), menata bahan tersebut ke dalam satu loyang bulat, mendinginkan cake tersebut ke freezer, hingga menghias cake dengan berbagai hiasan yang dapat dimakan. Proses nya hampir 3 jam nih guys. Nah di blog kali ini gw akan kasih liat proses membuat cake ini selama event berlangsung. Cek review lengkapnya yuk!
Ini nih Mike Lewis dan Host ketika event berlangsung.
Jadi hari itu ada sekitar 12 tamu undangan yang berkesempatan buat ikut kelas membuat kue ini. 6 orang dari Foodies (termasuk gw) dan 6 orang dari media (TV dan Majalah). Di sekeliling kita banyak banget wartawan dan media juga giys. Jadi selain meliput event ini, mereka juga ingin mewawancarai Mike Lewis juga mungkin untuk kebutuhan media masing2.
Kalau kalian lihat gambar di bawah ini, nah ini semua bahan2 yang udah disediakan oleh pihak The Harvest buat kita pakai nanti. Kita ga hanya membuat 1 cake loh, tapi kita bikin juga croissant dengan isian coklat.
Jadi ada 1 chef (ibu yang di tengah) yang mempraktekan cara membuat cake nya dan 1 chef yang memberikan arahan melalui mike nya. Bisa dibilang ini gak 100% membuat cake dari awal sih soalnya bahan dasar cake nya yaitu kue coklat udah ready dan blueberry cream juga udah tersedia. Yang kita lakuin nanti hanya menyusun lapisan kue coklat itu ke loyang terus tiap lapisan diisi dengan blueberry cream. Sayang nya selama acara gw menggunakan sarung tangan jadi tidak banyak mengambil gambar proses pembuatan kue nya.
Nah ini bahan dasar blueberry cream yang sudah ready dan siap dipakai untuk menutupi lapisan dasar kue coklat. Biasa kalau ada cream dalam kue gw paling menghindari tuh soalnya terasa berminyak. Tapi cream blueberry yang satu ini gak berminyak loh, bisa ketawan kalau kita coba pegang di tangan nah kalau cream nya tidak menempel seperti minyak berarti bagus deh.
Setelah cake nya dilapisi cream, cake tersebut dimasukan ke freezer agar dingin dan sempurna. Proses nya memakan waktu sekitar 1 jam. Nah akhirnya kita break makan siang dulu deh :)
Setelah itu kita lanjut dengan pembuatan croissant yang akan diisi dengan coklat. Jadi bahan dasar dough nya sudah tersedia dalam bentuk bulat. Di samping nya ada juga butter. Ternyata gw baru tau loh guys dough itu harus dicampurkan dengan butter agar terasa sedikit asin dan cake nya lebih moist.
Pertama2, dough bulat itu akan dipipihkan dulu dengan alat penggulung supaya dough nya memanjang. Setelah itu butter yang kotak tadi akan ditaruh di atas dough yang sudah dipipihkan, kemudian butter akan ditutup dengan cara menarik dough dari kiri kanan dan atas bawah ke arah tengah. Sehingga terbentuklah adonan memanjang seperti gambar di bawah ini.
Eits tapi ini belum selesai guys, soalnya adonan ini kemudian dipipihkan lagi secara perlahan sehingga butter yang terbungkus tadi bisa lebih menyebar rata di dalam adonan. Kemudian baru deh kita isi 2 batang coklat ke dalam adonan yang sudah dipipihkan. Nanti nya coklat ini akan melumer di dalam adonan croisant nya. 
Proses selanjutnya yaitu melapisi bagian luar adonan dengan telur yang sudah dikocok. Lapisan telur ini yang nantinya memberikan warna gold pada croissant tersebut.
Nah ini versi yang sudah di oven. Bagus ya keliatan nya sempurna, siapa dulu dong yang bikin :)
Untuk proses terakhir boleh tambahin sugar ising supaya ada rasa manis di lapisan atasnya. Jadi deh croissant ala Jktdelicacy :)
Sebenarnya banyak tahapan pembuatan cake yg gw skip guys soalnya kan pas bikin cake tangan kotor, jadi tidak bisa ambil foto :( Nah jadi setelah cake yang di awal tadi sudah di kulkasin, tahap terakhir tinggal kasih sugar ising warna ungu, kemudian dihias deh dengan berbagai topping coklat, macaroons atau buah strawberry. Di akhir acara, Mike Lewis bakal memilih 1 orang pemenang dengan kreasi topping terunik. Sayangnya gw gak menang nih guys!
Kita juga dapet cookies signature nya The Harvest juga loh :)
Ini kreasi dari foodie @eatinerary.id yang kebetulan posisi nya di sebelah kanan gw. Seru banget sih event kaya gini soalnya kita jadi tau gimana proses pembuatan cake sekaligus kita jadi menghargai bagaimana sulit nya membuat satu loyang kue. Yang pasti Blueberry Bloom Cake nya ini enak banget. Lembut dan rasa manis nya pas. Thank you The Harvest buat kesempatannya. Jangan lupa cek Instagram @harvestcakes untuk kesempatan kamu membuat kue seperti ini disetiap bulannya. Tinggal registrasi aja guys, mana tau kalau beruntung kamu yang akan dipanggil. Good Luck ya.

THE HARVEST

Jalan Senopati No.47, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110

Opening Hours: 7 AM - 10 PM

harvestcakes.com

Ph: (021) 52971277

INSTAGRAM: @HARVESTCAKES


ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com
Check out our Insta Story for our daily activities



The Harvest Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Tidak ada komentar:

Posting Komentar