Selasa, 21 Juli 2015

BELITUNG TRIP - PART 2



Inilah bagian yang mungkin paling ditunggu-tunggu oleh pembaca, Island Hopping alias Menjelajah Pulau satu ke Pulau lainnya. Belitung sangat terkenal dengan Pulau pulau kecil dengan batu berukuran raksasa, namun Pulau mana sajakah yang umumnya dikunjungi wisatawan?

PERJALANAN MENUJU DERMAGA


Perjalanan dimulai dari kota Tanjung Pandan (Hotel) menuju ke dermaga di wilayah utara yaitu Pantai Tanjung Kelayang. Di Pantai inilah banyak perahu boat bersandar menunggu wisatawan yang akan mengunjungi pulau pulau kecil di utara Pulau Belitung. 

Jalan utama menuju dermaga terlihat seperti di atas. Sekelilingnya dipenuhi oleh rerumputan dan pepohonan lebat. Bahkan sepanjang hari jalanin ini sangat jarang dilalui kendaraan sehingga kamu bisa berhenti untuk berfoto-foto. Ketika malam hari, jalanan ini tidak terdapat lampu penerangan jalan sehingga sangat tidak disarankan untuk melewatinya ketika hari sudah gelap.

DERMAGA / PANTAI TANJUNG KELAYANG


Inilah Pantai Tanjung Kelayang di mana para perahu boat bersandar menunggu wisatawan. Dari Pantai ini, kami dapat pergi ke berbagai pulau kecil di sekitar Belitung. Namun pulau pertama yang akan kami kunjungi adalah Pulau Lengkuas.

SEWA BOAT: Pak Yanto / 0812.7370.7270
BIAYA SEWA: IDR 450.000 / hari

Biaya sewa ini sudah termasuk pengemudi boat dan guide nya untuk perjalanan dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Kamu juga bisa request untuk rute mana atau pulau mana yang kamu ingin kunjungi (namun tetap dalam jarak yang tidak melenceng dari area Pulau Belitung). Kapal Boat ini adalah Boat Kayu seperti pada gambar di atas, bukan speed boat. Boat ini dapat menampung 5 - 8 orang.

PEMANDANGAN LAUT



PULAU LENGKUAS


Ketika tiba di Pulau Lengkuas, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah sebuah Mercusuar kuno peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh di tengah pulau ini. Kamu bisa masuk ke dalam Mercusuar dengan biaya IDR 5.000/ per orang. Ada 18 lantai dengan tangga melingkar curam yang harus kamu lalui agar dapat tiba di puncak mercusuar ini. Pemandangannya sangat menakjubkan, karena kamu dapat melihat sekitar Pulau Lengkuas dari atas.

Berikut pemandangan pulau Lengkuas dari atas Mercusuar.


Berikut pemandangan Pulau Lengkuas dari pantai


PULAU KELAYANG / MAKAN SIANG


Pulau kelayang ini khusus untuk melayani pengunjung yang akan menyantap makan siang setelah berkeliling Pulau-Pulau di sekitar Belitung. Makanannya hanya seafood dan rasanya standar saja. Boat Guide kami mengingatkan kami untuk menanyakan harga makanan terlebih dahulu sebelum memesan untuk menghindari penipuan harga. Minum teh / kopi sepuasnya IDR 10.000.


PULAU PASIR


     Credit: Kairos Works Photography (Photo Above)

Pulau Pasir ini merupakan Pulau kecil yang hanya terdiri dari pasir putih, dimana ketika siang hari akan muncul ke permukaan laut, sedangkan ketika air laut pasang akan tenggelam kembali. Waktu yang tepat untuk mengunjungi pulau ini adalah ketika musim panas di siang hari, karena di musim hujan gelombang laut dapat menutupi pulau ini. Kamu akan bertemu dengan Bintang Laut berukuran besar berwarna coklat ini, namun kamu juga bisa menemukan yang berwarna merah.

PULAU BATU BERLAYAR


Pulau Batu Berlayar ini merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang memiliki tumpukan batu raksasa vertikal dan horizontal. Tidak banyak yang dapat di explore dari pulau ini selain berfoto-foto sebentar.

PEMADANGAN LAINNYA


STAR GAZING


Star Gazing atau Memandang Langit Berbintang seperti ini dapat dilakukan hampir di setiap sudut pulau Belitung. Setiap malam terutama setelah jam 8 malam, bintang bertaburan di langit dan dapat terlihat sangat jelas dengan mata telanjang.

Bila tertarik untuk mengambil foto seperti di atas, maka carilah posisi dimana tidak terdapat lampu sama sekali sehingga fokus pada cahaya bintang tidak terganggu oleh cahaya lampu. Kami berhenti di tengah jalan yang kosong dan gelap gulita, sedikit menyeramkan namun pengalaman ini tidak terlupakan.

Apabila kamu menggunakan kamera mirrorless / DSLR, mungkin bisa mengikuti settingan kamera berikut ini:

- Set Apperture (F) terendah dari lensa kamu, misalnya F1.4 atau F2.0
- Set ISO tinggi sekitar ISO 3200
- Set Timer dengan waktu 10 - 30 detik, tergantung dari kamera mu.

Coba-coba bermain dengan Timer atau ISO untuk mendapatkan hasil terbaik. Dan tentunya gunakan Tripod agar foto tidak goyang / blur. Good Luck!


ALTERNATIF PANTAI SELATAN BELITUNG



Di hari ketiga trip ini, kami penasaran dengan salah satu Resort yang ada di Belitung, yaitu ARUMDALU PRIVATE RESORT. Resort ini merupakan penginapan termahal yang ada di Belitung dengan kisaran biaya IDR 6.500.000 / malam. 

Kami menelusuri wilayah Selatan Belitung sepanjang garis pantai menggunakan Google Maps untuk mencari resort ini. Namun, Resort ini tidak dapat ditemukan dan akhirnya kami berhenti di tepi pantai yang tidak diketahui nama nya. Pemandangannya cukup menarik dan sangat sepi dari wisatawan.


AKHIR PERJALANAN / REKOMENDASI PENGINAPAN


Akhirnya kita berada di penghujung blog. Namun, kami akan memberikan sedikit rekomendasi untuk penginapan di sana.

Kami menginap di Central City 2 Hotel. Hotel ini pada saat itu masih terbilang sangat baru, sehingga interiornya masih fresh dan bersih. Dengan harga IDR 330.000/ malam, kami rasa hampir tidak ada Hotel yang lebih baru dengan harga yang lebih baik dari ini. Tentu jangan mengharapkan sarapan yang mewah, karena Hotel ini menyajikan menu breakfast ala kadarnya, Nasi Goreng/ Mie Goreng, 1 jenis lauk, 1 Jenis sayur, dan teh/ kopi/ jus.

Apabila menginginkan Hotel yang lebih baik, kamu bisa memilih Grand Hatika Hotel atau Aston Belitung Hotel. Keduanya merupakan Hotel bintang 4 dengan biaya kisaran IDR 600.000 - 850.000 / malam. Dan 3 hotel rekomendasi kami ini berada di pusat kota Tanjung Pandan sehingga tidak sulit untuk menemukan restoran di malam hari.

Sekian tips perjalanan dari kami. Apabila ada pertanyaan atau saran, bisa langsung memberikan komentar di bawah ini. Saran kamu sangat berarti bagi kami :)

FIND ME HERE


4 komentar: