Senin, 05 Juni 2017

Staycation Eksotis di Hotel Tugu Bali

Selamat datang di Hotel Tugu Bali, salah satu hotel bertema Indonesia tereksotis yang pernah ada. Kali ini kita akan mengajak kalian untuk bersama-sama merasakan indahnya 3 hari 2 malam di Hotel Tugu Bali, Dedari Suite yang berlokasi di Canggu, Bali. Kita akan berkeliling ke seluruh area hotel ini dan memberikan preview kepada kalian sedikit sejarah tentang Hotel Tugu Bali ini. Nah enaknya, kita bisa stay di kamar dengan private pool. Kebayang dong gimana seru nya aktifitas kita di sini. Yuk lihat keseruan kita selanjutnya :)
Ketika melewati pintu utama, kamu akan di suguhi oleh Museum kecil yang didedikasikan untuk peninggalan Perang Puputan Bali tahun 1900an. Di sini kalian bisa lihat berbagai benda antik dari masa perang tersebut, seperti patung, lukisan, pajangan, hingga senjata perang. Bahkan Museum ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri. Namun di dalam museum gw gak mengabadikan foto sama sekali karena hanya melihat secara sekilas dan untuk tetap menjaga kerahasiaan yang ada di dalam. Jadi biarlah kalian yang nanti berkunjung ke sini untuk melihat langsung :)
Nah ini nih "lobby" utama Hotel Tugu. Sekali masuk kalian langsung di hadapkan pada Patung Garuda raksasa ini. Patung ini ada cerita nya loh, bukan sekedar patung yang dibuat untuk mengisi lobby hotel. Jadi pemilik Hotel Tugu adalah seorang warga negara Indonesia yang cinta dengan seni dan budaya lokal. Kebetulan beliau adalah kolektor benda2 kuno, makanya terciptalah museum Perang Puputan Bali tadi.
Kalau patung burung garuda ini ceritanya didapat dari seorang pemahat kayu yang sudah tidak menginginkan patung ini. Ini patung Garuda dari kayu loh bukan batu dan diukir sangat detail. Patung ini sebenarnya masih belum selesai di bagian belakangnya, karena bagian belakang nya masih sangat kasar. Sang pemahat ingin membuangnya, namun pemilik Hotel Tugu ini menginginkannya. Bahkan beliau ingin patung ini apa adanya, tanpa di poles atau diselesaikan walaupun sang pemahat menawarkan untuk menyelesaikan pahatan bagian belakang patung tersebut. Akhirnya jadilah patung besar ini diletakkan di Hotel Tugu Bali.
Ruang lobby Hotel Tugu Bali ini terkesan sangat classic dan tradisional dengan elemen kayu dan motif rumah kuno mendominasi seluruh bagian ruangan.
Cafe ini terletak masih di ruang tengah / lobby hotel di mana kamu bisa menikmati afternoon tea, cocktail atau breakfast di sini.
Ketika kami tiba di sini, kami langsung ditawari dengan welcome drink. Biasanya welcome drink berupa minuman segar dari teh, juice atau minuman bersoda lainnya. Surprisingly, mereka ada pilihan White Wine atau Red Wine juga, selain berbagai varian rasa teh, kopi, dan juice. Akhirnya kami memilih Wine yang kami bawa ke room langsung :)
Dari lobby utama, kita menuju ke kamar/ villa kita di mana kita akan menyusuri kebun hijau yang menyerupai labirin/ maze. Soalnya terus terang saking luasnya areal ini sampe kita kadang bingung kamar kita di mana ya :) Tapi Hotel Tugu ini gak berasa seperti di hotel, lebih seperti di rumah sendiri ya.
Pas masuk room nya, WAOW gede banget. Biasa kalau di hotel2 standar, jarak dari kasur ke sekitar nya sudah sangat sempit. Tapi di room ini spacenya masih sangat luas. Ruangnya masih bertema tradisional Indonesia dengan lampu yang cenderung kuning dan elemen kayu mendominasi. Kasur utamanya juga memiliki tirai transparant untuk memberi kesan romantis :)
Bagian sofa nya sangat nyaman, sangat enak buat duduk santai membaca buku atau sekedar ngeteh di dalam kamar. Kebetulan karena kita dapet wine, jadi kita bisa santai di sofa ini sambil menikmati wine. Arah kanan dekat jendela juga ada TV, jadi bisa bersantai di sofa ini sambil menonton TV :)
Di sebelah kiri adalah pintu masuk dan terdapat lemari besar untuk menggantung pakaian atau menyimpan barang berharga di safety box. Di sebelah kanan ada 2 pintu menuju 2 ruangan: ruang buang air dan ruang mandi.
Kamar kita ini namanya Dedari Suite, yaitu kamar dengan kelas 'standar' nya. Namun jangan salah, meskipun standar, ukuran ruangan nya jauh di atas ukuran rata2 kamar hotel bintang 5 sekalipun. Apalagi Dedari Suite ini memiliki private pool alias kolam renang pribadi. Pool nya ada di halaman belakang kamar kita dan view pool nya bisa terlihat langsung dari kasur kita :)
Kalau bangun pagi dengan view pool kaya gini enak banget ya. Seger rasanya :) Terus Jendela di belakang TV itu bisa dibuka loh guys, jadi kalau mau nyempung ke kolam langsung bisa dari jendela itu.
Untuk perlengkapan ngeteh dan ngopi juga tersedia di sini. Kopi bubuk, creamer, gula sudah disediakan bahkan dengan french press nya. Kalau biasanya kan hotel hanya menyediakan kopi instant tanpa ampas, jadi jarang menggunakan french press lagi. Teh celup juga disediakan di sini. Unik nya untuk complimentary water alias air putih gratisnya disediakan dalam botol kaca. Hal ini dikarenakan Hotel Tugu Bali berkomitmen untuk mengurangi penggunaan botol plastik air minum. Dan botol nya ini berukuran besar, mungkin setara dengan 2 botol air mineral ya.
Ini nih salah satu ruangan yang paling excited buat gw review, yaitu kamar mandi. Ini kamar mandi paling unik yang pernah gw lihat. Kamar Mandi nya ini sebenarnya semi outdoor karena ada bagian yang terbuka ke area outdoor. Bahkan kita bisa keluar dari Kamar Mandi ini tanpa melalui pintu masuk dengan cara melewati Kolam ikan yang ada di sebelah kanan bathtub.
Di belakang bathtub itu ada kolam ikan dengan iklan nila yang lumayan banyak. Kalau jendela nya di buka, kita bisa berendam di bathtub sambil melihat ikan di luar. Mungkin ini pertama kali nya gw experience bathtub yang tertanam ke lantai (sejajar dengan lantai) di mana sebelahnya ada kolam ikan langsung. Gw sebutnya Zen Room, soalnya tenang banget kalau mandi di sini.
Handuk, Sabun, Shampoo, Conditioner sudah disediakan di sisi pinggir bathtub. Bahkan disediakan pula bathfoam kalau kita mau berendam busa di bathtub nya. Sabun, Shampoo dan Conditioner nya tidak disediakan dalam botol plastik seperti hotel pada umum nya, melainkan diisi pada sebuah botol tanah liat kecil yang tampak terlihat di kanan bawah. Sabun batang wangi rempah juga disediakan, wanginya bener2 seperti wangi minyak angin.
Kalau foto seperti ini terlihat dramatis ya. Rasanya pengen berendam yang lama di dalem bathtub nya :) Shower nya juga tertanam di dinding.
Pasta gigi, Shower Cap, Handuk Tangan, Hair Dryer sudah tersedia di Kamar Mandi nya.
Welcome letter yang di print di kertas bermotif classic kuno. Ada kesan yang istimewa ketika hotel menuliskan nama kita di welcome letter nya, meskipun hanyalah sebuah print kertas. Dan gw perhatikan banyak Hotel bintang 5 yang melakukan hal serupa, bahkan dengan tulisan tangan langsung untuk memberikan rasa warm welcome :) 
Sekarang kita menuju private poolnya. Entah kenapa setiap ke Bali bawaan nya pengen cari hotel dengan private pool. Buat kalian yang lihat insta story kita pasti perhatiin setiap room kita ada poolnya. Soalnya ketika jalan2 kita ingin nya suasanya yang tenang. Ada suara percikan air pun bisa membuat suasana jauh lebih nyaman. Warna air nya terlihat hijau, sekilas terpikirkan seperti berlumut ya. Tapi sebenarnya ini efek dari keramik nya yang berwarna hijau. Airnya tetap bersih kok :)
Di sini juga ada ayuran malas nya, cocok banget buat bersantai pagi atau sore waktu udara nya sedang adem.
Kalau siang-siang cakep banget nih ada efek sinar yang menembus bagian atas.
Selain pintu utama di bagian depan, ternyata di area pool ada pintu kecil juga untuk menuju kebun belakang yang view nya gak kalah bagusnya. Soalnya ada danau buatan juga di sini.
Nah ini kebun belakang kita. Sebenarnya arah belakang ini menghadap langsung ke arah pantai walaupun gak langsung keliatan pantai sih. Tapi kalau mau ke pantai bisa langsung keluar dari pintu kecil ini.
Terus ada danau buatan juga yang lumayan luas dan di atas nya ada jembatan2 juga buat foto ala ala ya. Kalau pagi-pagi ke sini berasa nya adem dan seger banget soalnya semua hijau.
Ada satu hal yang gw suka dari Hotel Tugu ini. Afternoon Tea nya!!! Gw sudah punya kebiasaan ngeteh setiap hari di rumah, dan sehari bisa 3- 4 kali ngeteh serius! Ada satu perasaan nyaman ketika kita minum teh, mungkin sugesti aja bahwa minum teh itu sehat. Makanya pas tau ada Afternoon Tea di sini, kita happy banget. Apalagi kita bisa milih mau di mana aja ngeteh nya boleh. Kita request untuk dibawakan di kursi santai di belakang pool kita. Teh nya juga bisa bebas pilih mau nya apa, mereka punya berbagai jenis teh sih. Untuk pemanis nya ada beberapa jenis kue tradisional Indonesia. Enak banget!
Beginilah pagi hari kita berdua di Hotel Tugu Bali :)
Kalau kalian bosen dengan private pool di kamar, kalian bisa juga berenang di publik pool nya. Lumayan besar dan rindang banget, soalnya sekelilingnya pohon semua.
Selamat Pagi Bali! Pagi2 di sini seger banget soalnya semua hijau. Dan karena lokasi nya berdekatan dengan kolam renang yang tadi, kamu bisa dengerin suara percikan air dari sini. Rasanya tenang banget!
Mari kita bahas breakfastnya. Lokasi nya ada di lobby utama, tepat di belakang burung Garuda yang kita bahas di awal. Breakfast dimulai dengan ngeteh dulu ya. Kebiasaan gw tiap pagi pasti mesti ngeteh atau ngopi. Kalau pagi gw sukanya teh yang ringan kaya green tea aja. Apalagi kalau perut lagi kosong gw gak bisa minum english breakfast soalnya gak tau kenapa bisa eneg dan pengen muntah. Tapi kalau udah sarapan baru minum english breakfast nya gak masalah sih :) 
 
Di Hotel Tugu ini, enaknya kalian bisa breakfast di mana aja yang kalian mau. Kalau lagi Mager boleh diantarkan ke kamar. Kalian bisa pesen minuman kalian apapun itu dan berapa pun yang kalian mau ya. Nah kita mulai dari teh dulu. Kita di kasih satu pot besar jadi lumayan banyak teh nya :)
Terus mereka juga ada super juice yang isi nya buah seger tanpa pemanis tentunya. Apalagi pas jalan2 kan gak mungkin kita ke pasar beli buah kan. Jadi nya kalau breakfast di Hotel ada jus buah nya pasti kita pilih deh.
Nah ini dia menu breakfast yang kita pilih. Breakfast di sini sistem nya ala carte ya guys, jadi kalian pilih main course kalian dari buku menu nya. Gw pesen menu Mie Kuah ala Hotel Tugu, kalau Lucy pesen Nasi Goreng Special nya. Porsi nya gede banget loh, walaupun di foto mungkin terlihat biasa saja. Kalau diliat2 sih memang kesannya kok sedikit ya makanannya, tapi kalau lihat porsi nya langsung baru berasa ternyata besar, bahkan kita gak habis dua2nya.
Salah satu aktifitas di Hotel Tugu Bali yaitu bersantai di beach front nya. Jadi ini satu area yang super luas, posisi nya berada di tengah2 di antara Hotel Tugu dan Pantai nya. Dari posisi ini kita bisa lihat pemandangan pantai dan laut dari ketinggian beberapa meter. Karena di sini mereka bikin sejenis panggung tinggi yang isi nya kursi panjang berkanopi buat yang mau berjemur atau sekedar bersantai2.
Nah gambar di bawah ini panggung nya dengan view nya ke arah Hotel Tugu di depan. Bagian hijau itu rerumputan luas buat kalian yang mungkin mau 'piknik'.
Ada juga panggung pribadi seperti ini, lucu ya :)
View lautnya kaya gini, bagus banget apalagi pagi waktu air lautnya masih tinggi :) Sebenarnya kalian bisa juga sih turun ke pantai langsung karena tepat di samping Hotel Tugu ini langsung mengarah ke laut.
 Nah ini kita foto nya di pagi hari berikutnya.
Di bawah panggungnya seperti ini ya guys. Mau loncat2 seperti Lucy juga boleh :)
Staycation di Hotel Tugu Bali bener2 pengalaman yang paling berbeda. Apalagi kalau dibandingkan dengan hotel2 mewah yang kekinian, tentu bukan perbandingan. Di sini menginap sangat damai, tenang dan nyaman karena lingkungan yang hijau. Kamarnya besar banget, sarapannya enak dan segala fasilitas yang ada tentu menjadi nilai plus. Nah ada 1 lagi yang nanti akan kami ulas di postingan berikutnya. Ji Restaurant! Masih di Hotel Tugu Bali, coming soon :)

HOTEL TUGU BALI

Jl. Pantai Batu Bolong, Pantai Canggu, Canggu, Bali 80361

RSVP: +62 361 4731701

INSTAGRAM: @TUGUHOTELS

ABOUT US

EMAIL: jktdelicacy@gmail.com
Check out our Insta Story for our daily activities

Tidak ada komentar:

Posting Komentar